Tugas Rangkuman Pemrograman Dasar

Herlin Nur Fahmi X6
1 view / 1993 show
3 years ago
Technology

Definisi Algoritma

            Urutan langkah-langkah logis untuk memecahkan suatu masalah secara sistematis.

Definisi Pemrograman

            Sekumpulan intruksi yang dimasukan komputer agar komputer menjalankan perintahny seperti proses menulis, menguji dan memperbaiki serta harus memelihara kode yang membangun sebuah program komputer.

Definisi Bahasa Pemrograman

            Suatu masalah untuk memerintah komputer. Contohnya Java Script, C++, PHP,C#,dll. Bahasa komputer dibagi menjadi 3 tingkatan:

  • Tingkat rendah yaitu bahasa yang sangat dimengerti oleh mesin.
  • Tingkat menengah yaitu yang dimengerti manusia dan mesin.
  • Tingkat tinggi bahasa yang lebih manusiawi, tetapi tetap dimengerti komputer. Didalam bahasa tingkat tinggi ini ada yang dinamai dengan translasi.

 

Variabel

            Suatu wadah yang bisa diisi, dirubah, atau pun dikosongkan isi datanya dimana harus ditentukan terlebih dahulu tipe datanya.

Operator

            Simbol dan karakter khusus yang terdapat dalam bahasa pemrograman untuk mengubah nilai suatu opered. Jenis-jenisnya yaitu operator aritmatika, operator relasional,dan operator bitwise integer. Contohnya, diberikan sebuah ekspresi sebagai berikut : “3 + 4” yang disebut operatornya adalah tanda (+).

Tipe Data

            Media untuk mendefinisikan dengan istilah tempat untuk menentukan pemberian nilai terhadap suatu variabel sesuai atau tidak nilai yang diberikan oleh user. Jenisnya tipe data sederhana.

Pengulangan

Suatu proses didalam yang dapat mengeksekusi satu (beberapa) statement yang sama secara berulang sampai ditemukan kondisi untuk berhenti. Jenisnya pengulangan pascal.

Array

            Kumpulan dari nilai-nilai data bertipe sama dalam urutan yang sama dan dinyatakan dengan yang sama. Jenisnya array numerik, array multidimensi.

Percabangan

Suatu permasalahan yang sering ditemui dalam pembuatan program. Jenisnya percabangan if

Flowchart

            Jaringan alur yang menghubungkan algoritma. Gamabar/bayangan yang memperlihatkan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. Jenisnya system flowchart, flowchart program.

 

Tipe-tipe data pada bahasa C#

  • Int untuk menyatakan suatu bilangan bulat, positif maupun negatif.
  • Double digunakan ketika kita perlu menyatakan suatu bilangan pecahan, misalkan nilai, harga atau berat. Akan tetapi double adalah data dengan ketelitian 15-16 digit.
  • String digunakan ketika menyatakan sekumpulan karakter baik itu nama, kalimat, password, atau kode string sesungguhnya merupakan suatu array dari chart.
  • Bool bernilai true atau false paling sering digunakan untuk menyatakan kondisi.
  • Object adalah class dasar dari semua tipe data dalam C#

 

 

Materi Percabangan

Pengertian Algoritma Percabangan

            Pada algoritma runtunan telah kita lihat bahwa setiap pernyataan selalu dilakukan bila telah sampai, gilirannya namun demikian adakalanya satu pernyataan atau perintah hanya bisa dilakukan bila memnuhi suatu kondisi atau persyaratan tertentu. Algoritma ini kita sebut dengan algoritma seleksi kondisi atau juga percabangan.

Contoh : Misalnya kita ingin menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan genap atau ganjil algoritmanya bisa kita jabarkan

  1. Mulai
  2. Masukkan satu bilangan (x)
  3. Jika x habis dibagi dua maka lanjutannya
  4. Jika tidak lanjut ke 45 tulis ‘x bilangan genap lanjutkan ke 6
  5. Tulis ‘x bilangan ganjil
  6. Selesai

Perhatikan bahwa ada dua kemungkinan perintah yang akan dikerjakan setelah perintah ke 3 dikerjakan kemudian melompat ke 6 perintah 5 tidak dikerjakan. Sebaiknya jika x tidak habis dua perintah selanjutnya melompat ke 5 perintah 4 tidak dikerjakan dan kemudian berahir pada ke 6.

Ekspresi Boolean

            Ada dua komponen utama dalam ekspresi percabangan yang kondisi dan pernyataannya kondisi adalah syarat dilakukannya sebuah atau sekelompok pernyataan, sedangkan dalam kontek ini adalah perintah yang berkaitan dengan suatu kondisi.

Contoh : Jika hari ini hujan, maka saya tidak jadi keluar rumah.

                        Kondisi                                    Pernyataan

Operasi Boolean

            Operasi boolean adalh operasi yang menggunakan operator boolean seperti : and, or, not, xor. Contoh operasi relasional :

  • 21B x and y
  • 22Ba = 20 rb = 10
  • 23 B (not) (x)
  • 24 bpt 2 = 4 xor q = 0

 

Visual Studio Membuat Luas Segitiga

Int alas

Int tinggi

Double luas

 

Alas = 8;

Tinggi = 4;

Luas = alas* tinggi/ 2;

Console.WriteLine (“masukkan nilai alas”);

Alas = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());

Console.WriteLine (“masukkan nilai tinggi”)

Tinggi = ConvertToInt(Console.ReadLine());

Luas = alas* tinggi/ 2;

Console.WriteLine (“luas segitiga adalah”+ luas);

 

Console.ReadLine()

Share On :