Rangkuman Materi Algoritma dalam Pemrograman Dasar

Resti Nurul Auliani
5 view / 10623 show
3 years ago
Technology

ALGORITMA

Algoritma bisa diartikan sebagai jantung informatika yaitu sekumpulan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan suatu masalah untuk menghasilkan solusi.

Pemrograman dan Bahasa Pemrograman

Pemrograman merupakan sekumpulan intruksi yang dimasukan ke komputer supaya komputer dapat bekerja sesuai dengan yang diperintahkan. Sementara bahasa pemrograman yaitu bahasa yang digunakan sebagai perantara antara user dengan komputer atau juga bisa diartikan sebagai bahasa manusia yang juga dapat dimengerti oleh komputer.

FLOWCHART

Pengertian flowchart disini yaitu suatu gambar yang menunjukkan hubunagn antar proses juga intruksi, dimana dengan flowchart ini apabila ada penambahan proses bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Adapun simbol-simbol dalam flowchart yaitu sebagai berikut :

  1. Connecting line
  2. Terminator symbol
  3. Connector symbol
  4. Processing symbol
  5. Symbol manual operation
  6. Symbol input-output
  7. Symbol manual input
  8. Symbol preparation
  9. Symbol predefine proses
  10. Symbol display
  11. Symbol disk and on-line storage

Selain flowchart, juga ada yang disebut sebagai wadah yang didalamnya terdapat kumpulan-kumpulan data dimana data tersebut dapat dirubah,diisi ataupun dikosongkan atau dapat disebut juga sebagai variabel. Disini, variabel terbagi 2, yaitu variabel global dan variabel lokal.

Variabel global yaitu variabel yang bisa digunakan didalam ataupun luar sebuah prosedur. sedangkan variabel lokal yaitu variabel yang hanya bisa digunakan dalam lokasi prosedur.

Tipe data

Tipe data bisa diartikan sebagai jenis data yang bisa diolah komputer dalam suatu program. Tipe data ini digunakan untuk menentukan jenis nilai yang bisa ditampung suatu variabel. Contohnya tipe data pada bahasa C#, yaitu seperti int (integer) untuk bilangan bulat; decimal untuk bilangan desimal; double untuk menyimpan bilangan pecahan; char untuk menyimpan satu karakter; string untuk huruf; boolean untuk menyimpan nilai benar atau salah; dan lain sebagainya.

Operator

Operator yaitu suatu simbol yang mewakili proses atau aksi untuk memproses variabel atau angka. Ada beberapa macam operator, diantaranya operator aritmatika, operator relasi/hubungan, dan operator logika.

Kemudian ada yang disebut dengan perulangan dan percabangan. Dimana perulangan itu sendiri yaitu merupakan sebuah interaksi yang sifatnya berulang-ulang dari suatu kondisi dalam algoritma. Sementara percabangan yaitu secara ringkasnya merupakan suatu pemilihan, dimana pemilihan tersebut berdasarkan kondisi tertentu. Percabangan juga terbagi dua, yaitu percabangan dengan menggunakan If (If tunggal, If dengan else, If bersarang) dan dengan switch case (pengambilan keputusan yang menggunakan banyak alternatif).

Share On :