Ringkasan materi pemograman dasar

Kusnandar
9 view / 12254 show
3 years ago
Education

RINGKASAN TENTANG ALGORITMA PEMROGRAMAN DASAR

• Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian
masalah yang disusun secara sistematis. Algoritma harus benar dan
harus berhenti. Setelah berhenti, algoritma memberikan hasil yang
benar.
• Algoritma dapat ditulis dengan cara Structured English, Pseudocode
dan Flowchart.

 

Contoh flowchart :

 

 

• Bahasa Pemograman adalah bahasa yang digunakan untuk memprogram komputer, di bagi tiga tingkat/lever   bahasa yaitu : tingkat rendah , tingkat menengah , tingkat tinggi contohnyaadalah pascal , c++, basic ,c#, dll .

 

 

• Variabel adalah tempat dimana kita dapat mengisi atau
mengosongkan nilainya dan memanggil kembali apabila dibutuhkan.
Setiap variabel akan mempunyai nama (identifier) dan nilai.
• Konstanta adalah variabel yang nilai datanya bersifat tetap dan
tidak bisa diubah.
• Tipe data adalah jenis data yang dapat diolah oleh komputer untuk
memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer.
• Tipe data dapat dikelompokkan menjadi tipe data primitive dan tipe
data composite. Tipe data primitive terdiri dari numeric, character,
dan bolean. Sedangkan tipe data composite terdiri dari array,
record/struct, image, date time, subrange, enumerasi, obyek dan
variant.
• Struktur berurutan terdiri satu atau lebih instruksi. Tiap instruksi
dikerjakan secara berurutan sesuai dengan urutan penulisannya.
• Pada struktur percabangan, program akan berpindah urutan
pelaksanaan jika suatu kondisi yang disyaratkan dipenuhi.
• Struktur pengulangan terdiri dari dari kondisi pengulangan dan
badan pengulangan dan dapat dilakukan dengan For dan While.
• Array adalah struktur data yang menyimpan sekumpulan elemen
yang bertipe sama, setiap elemen diakses langsung melalui
indeksnya. Operasi pencarian pada array dapat dilakukan dengan
cara linear search sedangkan pengurutan dengan metode bubble
sort.
• File data ada yang bersifat urut dan ada yang acak. Metode
pembacaan dan penulisan dibedakan dari modusnya.

Percabangan adalah untuk mengambil keputusan pada suatu kondisi tertentu.

  • int, digunakan untuk menyatakan suatu bilangan bulat, positif maupun negatif, sebagai contoh jumlah murid dalam satu kelas.
  • double, digunakan ketika kita perlu menyatakan suatu bilangan pecahan, misalkan nilai, harga atau berat. Akan tetapi, double adalah data dengan ketelitian 15-16 digit. Sehingga terkadang tipe data float dengan ketelitian 7 digit lebih disukai untuk contoh contoh tadi, dengan alasan menghemat memori.
  • string, digunakan ketika menyatakan sekumpulan karakter, baik itu nama, kalimat, password ataupun kode. String sesungguhnya merupakan suatu array dari char.
  • bool, bernilai true atau false. Paling sering digunakan untuk menyatakan suatu kondisi, misalnya IsEnabled, IsVisible, SedangHujan, SedangLapar, dan lain lain.
  • object, adalah class dasar dari semua tipe data dalam C#. Digunakan untuk menyatakan tipe data yang tidak pasti.

 

 

 

 

PENCABAGAN 
1.1 Struktur Kondidi IF
Biasanya ditulis :
" IF {Kondisi} then
 {Pernyataan} "

Jika Kondisi Lebih dari satu maka cara penulisan strukturnya sebagi berikut :
" IF {kondisi} then
  Begin
        { Pernyatan 1};
        { Pernyaatan 2};
         .................
        { Pernyatan  n};
  end; "

1.2 Struktur Kondidi IF .. Then... Else
Struktur konsisi diatas bisa digunakan untuk mencari kondisi True dan False atau mempunyai 2 kondisi
struktur penyataannya sebagai berikut:
" IF {Kondoisi} Then
    {Pernyataan}
  Else
    {Pernyaataan};

Jika terjadi lebih dari satu statment maka:
"IF {kondisi} Then
 Begin
    {Pernyataan1} ;
    {Pernyataan2} ;
    ........
    {Pernyataan n} ;
end
else
Begin
    {PernyataanA} ;
    {PernyataanB} ;
    ........
    {Pernyataan N} ;
end ; "

Contoh :
untuk mencari  nilai kelulusan dan tidak lulus dengan algoritma sbb:
1. Mulai
2. Input Nilai
3. Jika Nilainya >=60maka jika ya cetak "Lulus", Jika tidak "Gagal"
4. Selesai
 

 

 

Share On :