10 Ilmu Ramadan untuk Anak

Intan Desty Desiyani
0 view / 522 show
3 years ago
General

Bismillah ...

Assalamu'alaikum .. Selamat Pagi guys~

Udah lama nih ga main ke conaxe, maklum seminggu kemaren ana abis melaksanakan UAS, jadi ga sempet buat ngepost-ngepost deh smiley hehe. By the way sebentar lagi kita akan melaksanakan Shaum Romadhon yaaaa ^^ . Bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim dibelahan dunia, mengapa tidak ? karena bulan romadhon ini adalah bulan yang suci, bulan yan penuh berkah dan semua amalan yang kita kerjakan pahalanya berkali lipat. Subhanallah...

Oia, ngomong-ngomong soal bulan ramadhan nih, kemaren ana nongkrong-nongkrong di sosmed tetangga tau-taunya dapet ilmu yang sangat bermanfaat. smiley Alhamdulillah ... ini juga bakalan jadi postigan ana kali ini. Semoga bermanfaat yaaaa ^^ mari langsung saja kita simak

 

- 10 Ilmu Ramadan untuk Anak -

Setiap orangtua harus mengajak anak-anak mereka dalam kegiatan Ramadan, sehingga mereka dapat belajar tentang kegiatan keagamaan di usia dini.

Ramadan adalah bulan penuh berkah, manfaat dan peluang bagi umat Islam di seluruh dunia. Bulan Suci juga bagus untuk dikenalkan kepada anak-anak kecil.

Mengajar anak-anak tentang Islam adalah kewajiban setiap orangtua. Meski mereka anak-anak dan remaja belum cukup umur, bukan berarti mereka tidak perlu mengetahui tentang Ramadan dan konsep puasa dalam Islam.

Setiap orangtua harus mengajak anak-anak mereka dalam kegiatan Ramadan, sehingga mereka dapat belajar tentang kegiatan keagamaan di usia dini. Berikut 10 hal yang harus diajarkan setiap orangtua tentang Ramadan kepada anak-anaknya:

1. Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam

Hal ini menjadi kesempatan besar bagi orang tua untuk mengajarkan anak-anak tentang kalender Islam, kapan mulainya dan bulan apa saja yang lainnya

2. Apa itu puasa

Puasa adalah salah satu ibadah paling penting dari Ramadan. Puasa hukumnya wajib bagi setiap orang dewasa sehat dan orang-orang tersebut tidak boleh melewatkan puasa. Orang berpuasa harus menahan diri dari makan atau minum yang dimulai dari matahari terbit sampai terbenam, serta menjauhi segala macam dosa dan perbuatan buruk.

3. Bulan Alquran diturunkan

Ramadan adalah bulan ketika Allah SWT menurunkan Alquran kepada Nabi Muhammad SAW. Hal ini tentu menaikkan derajat bulan Ramadan. Di Bulan Suci inilah orang muslim disunahkan memperbanyak membaca Alquran.

4. Pahala semua ibadah naik 70 persen

Di dalam Ramadan, pahala untuk semua jenis ibadah (berdoa, shalat dan lainnya) meningkat sebesar 70 persen. Dengan demikian, tidak ada alasan melewatkannya dan bagi mereka yang tidak mendapatkan pahala di bulan ini sangat disayangkan.

5. Lailatul Qadar (Malam Seribu Bulan)

Lailatul Qadar, yang juga dikenal sebagai Malam Seribu Bulan juga datang dalam bulan Ramadan. Disebutkan bahwa malam yang indah ini memiliki pahala yang bobotnya lebih dari seribu bulan. Itulah mengapa muslim berdoa secara intensif pada malam ini. Dengan beribadah secara intensif pada Lailatul Qadar, bisa membawa keselamatan pada hari kiamat.

6. Idul Fitri

Idul Fitri adalah perayaan untuk menutup puasa di bulan Ramadan. Hari raya yang biasanya menjadi hari libur nasional di negara-negara muslim ini menjadi penutup bagi dua puluh sembilan atau tiga puluh hari puasa selama bulan Ramadan. Muslim merayakan Idul Fitri selama tiga hari dan kemudian kembali ke rutinitas normal mereka.

7. Apa itu Lailatul Jaiza

Lailatul Jaiza adalah malam sebelum Idul Fitri. Malam ini juga disebut atau dikenal sebagai Malam Pemberian Hadiah. Doa semua umat Islam yang melakukan shalat, tarawih, puasa, beramal dan lain-lain selama di bulan Ramadan sedang diterima Allah SWT pada malam ini.

8. Pentingnya amal dalam Islam

Anak-anak harus diajarkan sejak usia dini bahwa beramal adalah sangat dianjurkan dalam Islam. Bagi setiap muslim yang berlebihan dalam hal finansial, atau bahkan jika tidak tetapi masih dapat memberikan amal, harus memberikan bantuan kepada saudara-saudara muslim lainnya yang membutuhkan.

9. Penampakan Bulan Sabit (Hilal)

Ramadan dimulai pada awal bulan kesembilan dari kalender Islam yang berdasarkan peredaran bulan. Penentuan awal Ramadan dilakukan dengan mengamati penampakan hilal. Namun di jaman modern ini, sudah ada komite khusus di seluruh dunia yang akan mengamati bulan. Begitu hilal terlihat, berita tentang dimulainya Ramadan diumumkan di TV, radio dan online.

10. Anak-anak tidak memiliki kewajiban berpuasa

Para orangtua perlu memberitahu bahwa anak-anak yang belum mencapai umur cukup untuk berpuasa tidak harus melakukannya. Tetapi begitu dirasa sudah cukup umur berpuasa, maka mereka wajib berpuasa.

Mengajar anak-anak tentang bulan Ramadan, keutamaannya dan kewajiban yang harus dilaksanakan merupakan sangat dianjurkan dalam Islam. Itu menjadi tugas orangtua muslim dalam menjalankan perintah agamanya.


Sumber :http://https://plus.google.com/u/0/+Irwansyahkatamutiara-dan-bijak/posts

Tags : #religi
Share On :