Pengertian, manfaat dan pembuatan class dan method

Ujen Jaenal
0 view / 2330 show
3 years ago
Education

Pengertian

OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Pesawat, Pesawat adalah sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.

 

Manfaat

1.Hemat dalam penulisan.  Dalam pemrograman prosedural, penggunaan kode2 untuk operasi yang sama bisa sangat melelahkan (bikin tangan capek euy :) ), tetapi jika dengan oop, operasi-operasi yang sama tersebut bisa dikurangi dengan menggunakan fungsi-fungsi. Jadi, dengan membuat satu fungsi, kita kemudian bisa menggunakannya berkali-kali. Jauh lebih nyaman kan?

2. Deteksi Error.  Tidak ada yang sempurna di dunia ini, apalagi itu program buatan manusia.  Pasti ada errornya.  Kalau di prosedural, kita harus mendeteksi error ini berdasarkan error line tetapi yang menjadi adalah error terjadi mungkin bisa karena konflik antar operasi, alur yang salah, dll..Nah di prosedural, hal ini berarti kita harus menceknya satu persatu. Jika line errornya di line 40 bisa saja kita harus mencek line 30-39 atau mungkin lebih.  Dengan oop, dimana operasi-operasi dibedakan berdasarkan class dan fungsi, kita hanya mencari fungsi-fungsi yang saling berkaitan, dan tentunya hal ini akan jauh lebih menghemat waktu.

3. Update.  Mungkin suatu saat kita ingin mengupdate aplikasi kita, dengan prosedural caranya gmn? Yah ganti aja semua kode selesai masalah :) . Dengan oop, kita bisa melakukannya dengan mengganti beberapa class atau mungkin bisa hanya dengan mengganti satu class. Bagaimana bisa? Jika kita menggunakan sistem pemrograman dengan menggunakan inheritance (pewarisan), kita hanya perlu mengganti class induk, contoh: class b,c,d semuanya merupakan turunan dari class a, jadi jika kita ingin mengupdate program kita, kita hanya perlu merubah class a ini, sedangkan class b,c,d pasti akan langsung mengikuti perubahan tersebut.

4. Loading. Kalau masalah ini juga pernah di bahas di tulisanku yang lainnya. Ide ini aku dapet waktu baca bukunya google, yaitu google hebat dalam programnya karena google mampu memotong-motong bagian program menjadi kecil-kecilsehingga dapat memangkas waktu loading menjadi lebih cepat. Dengan adanya konsep oop ini, tentunya hal ini tidak mustahil dilakukan, yaitu dengan cara membagi2nya berdasarkan class dan fungsi.

Mungkin 4 item ini bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk para programmer lainnya apakah memutuskan untuk tetap prosedural ataukah oop, baik dua-duanya, semuanya bisa dipake :) klo ada pengalaman pake oop juga dishare disini yah, yg prosedural juga boleh kok..i’m waiting your comment (ralat please :))

 

Contoh Pembuatan Class pada C#

using System;

/*

* Created by SharpDevelop.

* User: Afifatul Lailiya

* Date: 07/04/2013

* Time: 15:01

*

* To change this template use Tools | Options | Coding | Edit Standard Headers.

*/

using System;

 

namespace testClass

{

class LuasPersegipanjang

{

private

int panjang;

int lebar;

int hasil;

public void input(int m , int n)

{

panjang=m;

lebar=n;

hasil=panjang* lebar;

}

public void hasilperkalhan()

{

}

}

class Program

{

public static void Main(string[] args)

{

int m;

int n;

LuasPersegipanjang a = new LuasPersegipanjang();

m=Convert.ToInt32(Console.ReadLine());

n=Convert.ToInt32(Console.ReadLine());

 

}

}

}

Share On :




Related