OOP

Taopik alamsyah
2 view / 1366 show
3 years ago
Education

Pengertian OOP

OOP (Object Oriented Programing) atau Pemrograman Berorientasi Objek adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Keistimewaan  dalam pembungkusan memudahkan para programmer mengarungi lautan kehidupan dalam meng-coding ria.

 

 Dalam pemrograman berorientasi objek dikenal ada beberapa pengertian dasar, yaitu :

 

-        Class, adalah merupakan penggambaran dari sebuah objec atau benda,sifat objek, dan juga apa yang bisa dilakukan oleh objek tersebut.

 

-         Object, adalah merupakan suatu bentuk dari class.

 

-          Method,  adalah aksi yang dilakukan oleh suatu object.

 

-      Behavior, adalah suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang bisa dikerjakan oleh suatu object.

 

-        Contruktor, adalah suatu method yang akan memberikan nilai awal pada suatu object.

 

-          Construktor Overloading ,  adalah suatu cara membuat lebih dari satu contruktor pada suatu class.

Manfaat Oop :

-Hemat dalam penulisan. Maksudnya adalah peggunaan kode-kode untuk operasi yang sama bisa dikurangi dengan menggunakan method. Jadi, kita membuat satu method kemudian kita bisa menggunakan method tersebut berkali-kali.

- Deteksi Error. Maksudnya adalah dimana operasi-operasi dibedakan berdasarkan class dan method, jika terjadi error kita hanya mencari method yang saling berkaitan, dan tentunya hal ini akan jauh lebih menghemat waktu.

- Update. Maksudnya adalah ketika kita ingin mengupdate aplikasi kita, kita bisa melakukannya hanya dengan mengganti beberapa class atau satu class. Jika kita menggunakan sistem pemrograman dengan mengguakna inheritance ( pewarisan ), kita hanya perlu mengganti class induk.

Cara membuat method dan class :

Cara membuat method

  1. method harus ditulis dalam kurung kurawal {}  kelas,  misalnya kita punya kelas dengan nama Penjumlahan dan method menjumlah()
  2. method dapat diberi tipe akses (private,protected, public ) juga keyword final.  jika method diberi tipe akses public maka method ini dapat dipanggil dimana saja oleh object dari kelasnya, jika protected hanya bisa dipanggil oleh object dimana kode object berada dalam satu package / paket / folder dengan file kelasnya.
  3. method memiliki tipe kembalian (return value) kita telah menulis method dengan return value VOID atau tidak mengembalikan apapun. bagaimana jika mengembalikan sesuatu misal kita buat method menjumlah() mengembalikan nilai berupa integer.

    Class nama_class

    {

    }

    contoh : namespaceclass_bangunan1

    {

       classbangunan

       {

           public int tembok;

           public int lantai;

           public int panjang;

           public int lebar;

           public int luas()

           {

               return panjang * lebar;

           }

     

       }

    Di dalam class terdapat Subclass 

    contoh : bangunan Toko =newbangunan();

    Toko adalah subclass

     

     

 

Share On :