XI-RPL2 Hengki PBO

hengkipermana
1 view / 1458 show
3 years ago
Education

Bagian I

 

 

Pemrograman Berbasis Objek (PBO)

OOP adalah suatupemrogramanmengganti teknikpemrograman berbasis prosedur. Object Oriented Programing pula Pemrogramanorientasi Objek di kembangan pada tahun1970.PemrogramanOrientasi Objek (Object Oriented Programming/OOP) adalah ,semuadata dan fungsi dalam clas-clasdan object-object. Setiap dari object dapat menerima pesan, memproses data, megirim, menyimpan dan manipulasi data. Contoh OOP adalah java, php, perl, c#,dan lainnya, konsep pemrograman beroientasi Objekyaitu

# Attribute

          Atribut kelas adalahvariabel global yang di miliki sebuah class, Atribut dapt memilikiakses private, public maupun protected. Atribut dinyatakan sebagai private hanya dapat di akses sebagailangsung oleh kelas yang di dalam nyasedangkan kelas yang lainnyatidak dapat mengaksesatribut ini secara langsung.

# Method

          Method adalah fungsi atau prosedur yang dibuat oleh seorang programmer di dalam suatu Class. Dengan kata lain, method pada sebuah kelas hampirsama dengan fungsi atauprosedur padapemrograman prosedural        Class merupakan pola / template yang menggambarkan kumpulan object yang mempunyai sifat yangperilaku yang sama,Class merupakan struktur data dari object (blueprint dari sebuah object), dan proses pembuatan object dari sebuah class di sebut juga denganinstantion.Class merupakandefinisi data dan fungsi darisuatu hal (benda,konsep dll). Di dalam class di deklarasikan variabel dan method yang di miliki oleh objek. Karakteristik Class,: anggota class terdiri dari atributdan method. Tiap anggota class memiliki control pengaksesan sendiri

 

 

 

 

 

Bagian II

Manfaat Dari Penggunaan OOP/PBO

OOP dapat melakukanterhadapobjek yang menggambarkan segala sesuatu yang nyata, seperti sifatsuatu bendamaupun kegunaan bendatersebut. # Simpel Sederhana

Makudnya sederhana jadi memudahkan dalam membuat programlebih sederhana waktu dn konsep

# Modular            Modular adalah objek yang sudah di bentuk dapatdikelompokan kembalidengan objek-objek yang lain, seperti kelompok yang lain yang dapat di kelompokan kembali

# Mudah Diperbaharui

Mudah di perbaharui karena private dan public, maka jika bagian private ingin digunakanpada objek-objek lain dapat di perbaharui dengan menempatkan objek lain tersebut di bagian public.

# Dapat di daur ulang            Suatu objek yang telah didefinisikanbaik jenis, bentuk ciri maupunperilaku dapat didefinisikan kembalidengan objek yang lain. Misalkan objek mobil yang memiliki ciri umum ada stir nya, pintu, lampu, ban nya,gigi.gas, jendela mobil, bodi mobil dan yang lainnyadapat di definisikan kembaliciri-ciri tersebutdengan menyebutkan ciri nyamasing-masingseperti bodinya memilikiciri jenisnya, ketebalan bodi dan warna bodi nya

 

 

Bagian III

Membuat Class dan Method dalam bahasa C#

# Class

Membuatsebuah program yang sifatnyabesardandikerjakanolehbanyak orang, tentunyakitainginmembuat agar setiap code dalam program tersebutdapat di-reuse, agar orang lain dapatmenggunakan library yang sudahkitabuat, danpadaakhirnyadapatmengurangijumlah line code menjadi sedikit. Olehkarenaitu, konsepdaripenggunaan class library iniharusditanamkanterlebihdahulu, sebelumkitamasukkebagian syntax danpenggunaannya.Padapemrograman JAVA yang sudahkitapelajarisebelumini, kitajugasudahmengenalkonsep library ini.Dalamukuran yang standar, terdapatbanyaksekaliclasslibrary yang sudahdiadakanoleh JAVA, antara lain sekumpulan class yang terdapatpada package java.util, java.io, dan package-package lainnya. Kita jugadapatmembuatclass library milikkitasendiri yang dapatkitaletakkanpada package yang jugakitabuatsendiri.Nah, padapemrogramandengan C# pun demikian.Bahkan, denganadanyaVisual Studio 2010 dan .NET Framework, pekerjaankitaakanterasalebihmudah, karenakitadapatmembuat class library untukberbagaiaplikasidalam project kita, antara lainASP.NET, Windows Form, dan lain sebagainya.Tertarikuntukmembuatnya? Padamodulinisayaakanmenggunakan class library untukmengembangkansebuahaplikasipadaASP.NET .

MEMBUAT CLASS LIBRARY

  1. · 2. Akan muncul tampilan seperti di bawah ini :Kita pilih Visual C# sebagai bahasa yang kita gunakan, lalu ASP.NET tentukan lokasi dimana file project ini disimpan, lalu klik OK3. Setelah memilih menu tersebut, · 4. Setelah sukses dengan berpindah ke bagian Design mode, kita ubah tampilansesuai dengan selera kita, lalu tambahkan 2 buah text box, 1 buah button, dan 1buah label. Setiap komponen tersebut sudah tersedia dan dapat kita ambildengan cara drag ando drop pada bagian Toolbox yang terdapat di sebelah kiri.Hover pada bagian toolbox tersebut, dan toolbarnya akan muncul seketika.5. Pilih komponen yang kita inginkan, kemudian letakkan di web yang akan kitabuat dengan cara drag and drop. Hasil tampilannya kurang lebih akan seperti ini :
  2. Setelah selesai dengan bagian tampilan, kita akan masuk ke bagian coding. Perludiingat kalau kita akan menggunakan library yang sudah kita buat sebelumnyauntuk dipakai pada KALKULATOR GAUL ini. Pasti kita akan bertanya-tanya,bagaimana visual studio bisa mengetahui letak dari file library yang kita buatsebelumnya? Tentu saja Visual Studio tidak bisa mengetahui posisi file libraryyang kita buat tersebut secara otomatis. Oleh karena itu, kita perlu membuatreference ke library tersebut. Caranya adalah dengan klik kanan pada nama WebSite yang kita buat -> Add Reference. Kemudian pilih namespace yang ingin kitapakai. FYI, namespace pada C# ini kurang lebih sama dengan konsep packagepada JAVA7.

 

# Method

          Method adalah bagian dari tubuh program yang mengimplementasikan suatu action sehinggga class atau object dapat bekerja. Method diimplementasikan didalam class dan menyediakan informasi tambahan yang mana class tidak dapat menangani sendiri. Penggunaan method mempunya beberapa keuntungan diantaranya : Ø Mempermudah perawatan dan manajemen kode. Ø Method bisa di panggil dari program utama atau dari sub program yang lain. Ø Method dipanggil berulang kali, sehingga tidak perlu menulis ulang kode yang sama ketika dibutuhkan. Secara umum method dapat dibagi menjadi dua, yaitu method static dan non static. method static hanya dapat di akses dari class, sedangkan method non static dapat di akses dari instances. Masing-masing method tersebut dapat mempunyai parameter atau tidak. Jika sebuah method mempunyai parameter, maka method tersebut dapat menerima dan/atau memberikan nilai kepada pemanggilnya. Contoh :

namespace method

{

class Program

{

private static void tulis()

{

}

 

public static void Main(string[] args)

{

   garis();

   tulis();

   garis();

   garis();

}

}

}

 

 

Share On :