Tugas oop

Rani Witriyani
1 view / 1174 show
3 years ago
Education

 

 

Bagian 3

Buat project baru, dan pilih Console Application

Untuk membuat sebuah kelas baru, klik pada nama project anda yang terdapat pada jendela Solution Explorer. Kemudian klik kanan, pilih menu Add Class.

Maka akan muncul jendela Add New Item. Pada nama class baru yang akan dibuat, masukkan nama class. Contoh class kendaraan.Kemudian kita Add.

Maka akan tampil unit class baru dengan nama kendaraan. Selanjutnya kita tuliskan listing dibawah ini pada unit kendaraan tersebut.

 

using System;

 

using System.Collections.Generic;

 

using System.Linq;

 

using System.Text;

 

namespace ConsoleApplication1 {     class Kendaraan     {        

 

public string NoKendaraan;

 

        public string Merk;

 

 public int kecepatan;    

 

}

 

}

 

  • Kemudian, tuliskan pula listing program dibawah ini pada unit utama aplikasi yang kita buat.

 

using System;

 

using System.Collections.Generic;

 

using System.Linq; using System.Text;

 

namespace ConsoleApplication1 {     class Program     {         static void Main(string[] args)         {             Kendaraan Motor = new Kendaraan();            

 

Motor.Merk = "YAMAHA";            

 

Motor.kecepatan = 110;            

Bagian 1

 

Pengertian OOP.

 Object-Oriented Programming (OOP) adalah sebuah pendekatan untuk pengembangan / development suatu software dimana dalam struktur software tersebut didasarkan kepada interaksi object dalam penyelesaian suatu proses/tugas. Interaksi tersebut mengambil form dari pesan-pesan dan mengirimkannya kembali antar object tersebut. Object akan merespon pesan tersebut menjadi sebuah tindakan /action atau metode.

bagian 2

 

Manfaat OOP

  1. Konsep ini menyederhanakan kompleksitas dengan memungkinkan kita untuk mendefinisikan sebuah sistem besar dan kompleks menggunakan set yang lebih kecil dari objek yang saling terkait.
  2. Dengan merancang aplikasi menggunakan objek, berarti kita telah menerapkan permodelan yang mendekati kehidupan nyata. Hal ini memungkinkan desain program kita menjadi lebih alamiah , yang memungkinkan kita untuk bekerja lebih intuitif.
  3. Konsep ini memberi kita sebuah kosa kata/ vocabulary, sehingga kita dapat lebih efektif mendiskusikan sistem atau aplikasi dengan rekan kerja kita (jauh lebih mudah untuk membahas fungsi dalam hal metode obyek daripada salah satu dari ratusan fungsi yang berada dalam modul kode umum).
  4. Class memiliki sifat mereka sendiri (properti), metode, dan event terintegrasi atau dikenal dengan istilah di-encapsulation, sehingga mereka umumnya mandiri. Ini membuat kode kita lebih teratur dan lebih mudah untuk di-maintain.
  5. Adanya enkapsulasi berarti, penggunaan kembali kode menjadi mudah, karena kita cukup menyalin kelas template dan perubahan akan secara otomatis tercermin dalam setiap kelas yang mewarisi dari kelas dasar yang telah kita ubah. Hal ini bermanfaat ketika berbagi/ sharing kode dengan orang lain, atau ketika menggunakan kembali kode dari proyek-proyek lama, sehingga berimplikasi pada penghematan biaya dan waktu
Share On :