TUGAS PBO

Ai Sry Octavia
1 view / 1356 show
3 years ago
Education

 

pengertian pemograman berbasis object
OOP/PBO merupakan paradigma pemrograman yang popular saat ini yang telah menggantikan teknik pemrograman berbasis prosedur. Object Oriented Programing yang berarti pula Pemrograman Beorientasi Objek sudah ditemukan sekitar tahun 1960 dan dikembangkan pada permulaan tahun 1970.OOP (object-oriented programming ) adalah suatu cara baru dalam berfikir serta berlogika untuk menghadapi berbagai masalah-masalah yang di atasi dengan komputer, atau bisa juga di artikan merupakan paradigma pemograman yang berorientasi pada object, semua paradigma tersebut di bungkus ke dalam  class-class atau object-object sehingga dengan model data yang berorientasi dengan object maka akan lebih flexibilitas yang lebih, kemudahan dalam merubah program, serta  dengan pendekatan pemograman berbasis object  lebih mudah di kembangkan dan dirawat. Masing-masing object harus berisikan informasi mengenai dirinya sendiri dan dapat dihubungkan dengan Object yang lain.

MANFAAT  DARI OOP :

1.    OOP menyediakan struktur modular yang jelas untuk program sehingga OOP sangat bagus digunakan untuk mendefinisikan tipe data abstrak di mana detil implementasinya tersembunyi.
2.    OOP akan mempermudah dalam memaintain dan memodifikasi kode yang sudah ada. Objek yang baru dapat dibuat tanpa mengubah kode yang sudah ada.
3.    OOP menyediakan framework untuk library kode di mana komponen software yang tersedia dapat dengan mudah diadaptasi dan dimodifikasi oleh programmer. Hal ini sangat berguna untuk mengembangkan GUI (Graphical User Interfaces).
4.    OOP dapat melakukan pendekatan terhadap objek yang menggambarkan segala
sesuatu yang nyata, seperti sifat suatu benda maupun kegunaan dari benda
tersebut.
5.    Suatu objek yang telah didefinisikan baik jenis, bentuk, ciri maupun perilaku
dapat didefinisikan kembali dengan objek yang lain.
6.    PENGGUNAAN CLASS
7.    
8.    ClassTurunan.cs  
using System;  
using System.Collections.Generic;  
using System.Linq;  
using System.Text;   
 
using STS.Console;   
 
namespace STS.Console  
{  
    public class ClassTurunan : ClassExample  
    {  
        public void TestMethod()  
        {  
            this.nama = "Naruto";  
        }  
    }  
}  

METHOD
Secara umum method dapat dibagi menjadi dua, yaitu method static dan non static. method static hanya dapat di akses dari class, sedangkan method non static dapat di akses dari instances. Masing-masing method tersebut dapat mempunyai parameter atau tidak. Jika sebuah method mempunyai parameter, maka method tersebut dapat menerima dan/atau memberikan nilai kepada pemanggilnya.
Contoh penggunaannya :
using System;  
using System.Collections.Generic;  
using System.Linq;  
using System.Text;  
using STS.Common.Math;   
 
namespace STS.Console  
{  
    class Program  
    {  
        static void Main(string[] args)  
        {  
            ClassExample classExample = new ClassExample();  
            System.Console.WriteLine(classExample.Kurang(17,4));   
 
            System.Console.ReadKey();   
 
        }  
    }  
}  
Contoh :

 

Share On :