PEMOGRAMAN BERBASIS DATA XI R-1

shintyaseptiyana
1 view / 1583 show
3 years ago
Education

  • Pemograman Berbasis Data

Pemrograman berorientasi Object merupakan paradigma pemrograman yang menggunakan " objek ". struktur data yang terdiri dari bidang data dan metode bersama dengan interaksi mereka ,untuk merancang aplikasi dan program komputer. Programming techniques may include features such as data abstraction , encapsulation , modularity , polymorphism , and inheritance . Pemrograman teknik dapat mencakup fitur seperti data abstraksi , enkapsulasi , modularitas , polimorfisme , dan warisan. Banyak modern bahasa pemrograman sekarang mendukung OOP.

Pemrograman berorientasi obyek memiliki akar yang dapat ditelusuri ke tahun 1960-an. Sebagai perangkat keras dan software menjadi semakin kompleks, pengelolaan sering menjadi perhatian. Para peneliti mempelajari cara untuk menjaga kualitas software dan pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan sebagian untuk mengatasi masalah-masalah umum dengan sangat menekankan diskrit, unit dapat digunakan kembali logika. Teknologi ini berfokus pada data daripada proses, dengan program yang terdiri dari modul mandiri ("kelas"), setiap contoh yang ("objek") berisi semua informasi yang dibutuhkan untuk memanipulasi data struktur sendiri ("anggota").

Pemrograman berorientasi obyek yang dikembangkan sebagai metodologi pemrograman dominan di awal dan pertengahan 1990-an ketika bahasa pemrograman yang mendukung teknik menjadi tersedia secara luas. . Ini termasuk Visual FoxPro 3.0 C + + dan Delphi. dominasi semakin ditingkatkan oleh meningkatnya popularitas antarmuka pengguna grafis , yang sangat tergantung pada teknik pemrograman berorientasi-objek.

 

  • Keuntungan OOP dalam program aplikasi

Keuntungan dari OOP ini adalah salah satunya adalah efisiensi dalam penggunaan memory yang dibutuhkan sebuah program.  Sebelum adanya OOP maka besarnya memory sudah harus dicadangkan dari awal, misalnya sebuah program game harus menyediakan jumlah memory sesuai dengan total jumlah pemain yang ditargetkan.  Nah apabila ternyata jumlah pemain hanya sedikit saja berarti ini pemborosan memory.  Sedangkan dengan OOP pemakaian memory sesuai dengan jumlah object pemain yang diciptakan, jadi memory akan bertambah seiring dengan penambahan jumlah pemain.

Keuntungan lainnya adalah dari segi “Usability” dimana class (object) yang dibuat seorang programer bisa dipergunakan oleh programer lainnya tanpa membuka detil pemrograman yang ada di dalamnya. Jadi programer lainnya cukup mengetahui property dan method dari setiap object yang akan dipergunakannya.

 

  • Cara membuat class pada bahasa C# :

Class nama_class {............}

example : Class Bangunan { Console.WriteLine("ini Class bangunan");}

Di dalam class bisa juga terdapat Subclass 

Contoh di kehidupan sehari-hari :

Mall adalah Subclass dari Class Bangunan 

example : Bangunan Mall = new Bangunan();

 

 

 

Share On :