Tugas Mata Pelajaran OOP

Farhan Shiddiq
2 view / 2406 show
3 years ago
Education

Bismillah .. Assalamu'alaikum 

Object Oriented Programing atau yang sering kita kenal dengan nama PBO atau OOP, nah untuk itu pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit membahas tentang OOP itu sendiri. Untuk memenuhi salah satu mata pelajaran PBO kelas XI 

Tugas Pertama : Apa itu OOP ?

OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. 

 Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Mobil , Mobil adalah sebuah objek. Mobil itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi seperti mesin, roda , kursi, dll. Mobil sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.

Dalam pemograman berorientasi Objek dikenal Ada beberapa pengertian dasar yang harus kita ketahui yaitu:

  1. Class , dimana class adalah merupakan penggambaran dari sebuah objec atau benda,sifat objek, dan juga apa yang bisa dilakukan oleh objek tersebut.
  2. Object , adalah merupakan suatu bentuk dari class. Kalau kita mengikuti analogi di atas, maka object dari class HEWAN adalah Burung, KAMBING, AYAM, KUDA. Mereka adalah CONTOH dari class HEWAN. Semua dari mereka adalah HEWAN yang mempunyai nama, kaki, Jenis makanan dst. Dan bisa berlari, bersuara, berkembang biak dll.

OOP juga mempunyai 4 konsep, yaitu :

- Inheritance ( Pewarisan Sifat )

- Encapsulation ( Penyembunyian hal-hal yang mendetail )

- Polymorphism ( Melakukakn hal yang sama dengn cara yang berbeda )

- Abstraction ( Prinsip penyederhanaan dari yang kompleks )

 

Kesimpulannya adalah OOP (Object Oriented Programing) adalah sebuah cara atau langkah yang sangat mudah untuk mengembangkan, menciptakan, atau pembuatan sebuah program, dengan mengikuti  metode yang sudah ada di dalam kehidupan sehari-hari.

 

Tugas Kedua : Manfaat OOP

  1. .  Dalam pemrograman prosedural, penggunaan kode2 untuk operasi yang sama bisa sangat melelahkan (bikin tangan capek euy :) ), tetapi jika dengan oop, operasi-operasi yang sama tersebut bisa dikurangi dengan menggunakan fungsi-fungsi. Jadi, dengan membuat satu fungsi, kita kemudian bisa menggunakannya berkali-kali. Jauh lebih nyaman kan?
  2. .  Tidak ada yang sempurna di dunia ini, apalagi itu program buatan manusia.  Pasti ada errornya.  Kalau di prosedural, kita harus mendeteksi error ini berdasarkan error line tetapi yang menjadi adalah error terjadi mungkin bisa karena konflik antar operasi, alur yang salah, dll..Nah di prosedural, hal ini berarti kita harus menceknya satu persatu. Jika line errornya di line 40 bisa saja kita harus mencek line 30-39 atau mungkin lebih.  Dengan oop, dimana operasi-operasi dibedakan berdasarkan class dan fungsi, kita hanya mencari fungsi-fungsi yang saling berkaitan, dan tentunya hal ini akan jauh lebih menghemat waktu.
  3. .  Mungkin suatu saat kita ingin mengupdate aplikasi kita, dengan prosedural caranya gmn? Yah ganti aja semua kode selesai masalah :) . Dengan oop, kita bisa melakukannya dengan mengganti beberapa class atau mungkin bisa hanya dengan mengganti satu class. Bagaimana bisa? Jika kita menggunakan sistem pemrograman dengan menggunakan inheritance (pewarisan), kita hanya perlu mengganti class induk, contoh: class b,c,d semuanya merupakan turunan dari class a, jadi jika kita ingin mengupdate program kita, kita hanya perlu merubah class a ini, sedangkan class b,c,d pasti akan langsung mengikuti perubahan tersebut.
  4. . Kalau masalah ini juga pernah di bahas di tulisanku yang lainnya. Ide ini aku dapet waktu baca bukunya google, yaitu google hebat dalam programnya karena google mampu memotong-motong bagian program menjadi kecil-kecilsehingga dapat memangkas waktu loading menjadi lebih cepat. Dengan adanya konsep oop ini, tentunya hal ini tidak mustahil dilakukan, yaitu dengan cara membagi2nya berdasarkan class dan fungsi.

Tugas Tiga : Cara Membuat Class dan Method

Untuk membuat method :

using System;

using System.Collections.Generic;

using System.Linq;

using System.Text;

namespace aritmatika

{

class Program

{

static void Main(string[] args)

{

int a, b, c;

double hasil;

c = int.Parse(System.Console.In.ReadLine());

a = int.Parse(System.Console.In.ReadLine());

b = int.Parse(System.Console.In.ReadLine());

switch (c)

{

case 1: hasil = a +b;

break;

case 2: hasil = a - b;

break;

case 3: hasil = a * b;

break;

case 4: hasil = a / b;

break;

default: Console.WriteLine("Pilihan tidak ada!!");

break;

}

}

}

}

 

Untuk membuat class :

{

class Bangunan

{

public int lantai, tangga, panjang, lebar;

public int luas()

{

return panjang * lebar;

}

}

}

 

 

Share On :