Manfaat OOP

Yosefa Ferdianto
1 view / 1604 show
3 years ago
Education

Manfaat OOP - Ada beberapa manfaat jika menggunakan OOP, salah satunya adalah mempermudah pengembangan program, karena OOP mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa manfaat atau keuntungan menggunakan OOP:

  • OOP dapat menyediakan struktur modular yang jelas untuk program, sehingga OOP sangat bagus digunakan untuk mendefinisikan tipe data abstrak di mana detil implementasinya tersembunyi.
  • OOP mempermudah dalam memaintain dan memodifikasi kode yang sudah ada. Objek yang baru dapat dibuat tanpa mengubah kode yang sudah ada.
  • OOP menyediakan framework untuk library kode di mana komponen software yang tersedia dapat dengan mudah diadaptasi dan dimodifikasi oleh programmer. Hal ini sangat berguna untuk mengembangkan GUI (Graphical User Interfaces).
  • Mempermudah percodingan, karena data dan fungsi dibungkus dalam kelas–kelas atau objek–objek.
  • Efektif digunakan untuk menyelesaikan masalah besar, karena OOP terdiri dari class-class yang memisahkan setiap code program menjadi kelompok-kelompok kecil, sesuai dengan fungsinya.
  • Mudah dipahami, fungsi-fungsi algoritma yang terbagi menjadi beberapa class dapat memudahkan kita dalam memahami program, begitu juga ketika ada bug pada program, kita bisa lebih mudah menemukan penyebab errornya dibanding ketika menggunakan prosedural programming.
  • Object dan class dapat digunakan berkali-kali, sehingga dapat menghemat space memori.

Manfaat OOP

Kesimpulan, pada dasarnya OOP memiliki manfaat atau keuntungan untuk memudahkan pekerjaan kita untuk membuat suatu program komputer.

- - BAGIAN 2 - -

Tugas Lainnya:
Apa itu OOP (Object Oriented Programming), OOP adalah (BAGIAN 1)
Cara Membuat Class & Method dalam Bahasa C# (BAGIAN 3)

Share On :