Tugas oop XI-R6

Sunarya
2 view / 1659 show
3 years ago
Education

Nama : Sunarya

Kelas : XI-R6

 

materi OOP

Untuk pertama yang harus dipelajari di bahasa pemrograman adalah pemrograman berbasis object atau yang sering dikenal dengan OOP (Object Oriented Programming), yang sekarang tlah menjadi menu wajib pada hampir semua bahasa pemrograman, termasuk C#. Karena itu suka ataupun tidak developer pemula harus menguasainya.

Definisi:OOP->menurut saya"Object-Oriented Programming adalah sebuah pendekatan untuk pengembangan / development suatu software dimana dalam struktur software tersebut didasarkan kepada interaksi object dalam penyelesaian suatu proses/tugas. Interaksi tersebut mengambil form dari pesan-pesan dan mengirimkannya kembali antar object tersebut. Object akan merespon pesan tersebut menjadi sebuah tindakan /action atau metode. Jika kita mencoba melihat bagaimana tugas disekitar kita diselesaikan, kita akan mengetahui bahwa kita berinteraksi dalam sebuah object-oriented world. Jika akan bepergian kita pasti berinteraksi dengan object mobil. Sebagai sebuah object, mobil berisi object-object lain yang berinteraksi untuk melakukan tugasnya membawa kita,dan Oop merupakan terobosan baru dalam pemrograman setelah pemrograman prosedural, pemrograman modular dan pemrograman abstraksi data." 

Ada empat konsep utama dalam OOP:

Suatu program disebut dengan pemrograman berbasis obyek (OOP) karena terdapat :

Inheritance Banyak objects diklasifikasikan menurut hirarki. Contoh, kamu dapat mengklasifikasikan sebuah mobil yang mempunyai karakteristik umumnya mobil, seperti mempunyai ban, mesin, serta body. Keturunan berikutnya diklasifikasikan dengan atribut umum seperti ukuran, jumlah roda, isi silinder dll atau mengklasifikasikan mereka atas dasar daya angkutnya. Contoh, ada kendaraan komersial atau kendaraan pribadi, ada truk atau mobil penumpang. Kamu menggunakan inheritance dalam OOP untuk mengklasifikasikan objects dalam program sesuai karakteristik umum dan fungsinya.

  1.  
  2.  
  3.  
  4. Contoh Pewarisan:
  5.  
  6.  
  7.  
  8.  

Keuntungan Penggunaan Pewarisan :

Encapsulation Ciri penting lainnya dari OOP adalah encapsulation. Encapsulation adalah sebuah proses dimana tidak ada akses langsung ke data yang diberikan, bahkan hidden. Jika kamu ingin mendapat data, kamu harus berinteraksi dengan object yang bertanggung jawab atas dara tersebut. Dalam contoh inventory, jika kita ingin melihat atau mengupdate informasi atas produk, kita seharusnya bekerja melalui object produk. Untuk membaca data, kita mengirimkan pesan ke object produk, kemudian object produk akan membaca pesan dan mengirim pesan balik ke kamu.

->keuntungan programer yang menggunakan konsep OOP:

  1. Konsep ini menyederhanakan kompleksitas dengan memungkinkan kita untuk mendefinisikan sebuah sistem besar dan kompleks menggunakan set yang lebih kecil dari objek yang saling terkait.
  2. Dengan merancang aplikasi menggunakan objek, berarti kita telah menerapkan permodelan yang mendekati kehidupan nyata. Hal ini memungkinkan desain program kita menjadi lebih alamiah , yang memungkinkan kita untuk bekerja lebih intuitif.
  3. Konsep ini memberi kita sebuah kosa kata/ vocabulary, sehingga kita dapat lebih efektif mendiskusikan sistem atau aplikasi dengan rekan kerja kita (jauh lebih mudah untuk membahas fungsi dalam hal metode obyek daripada salah satu dari ratusan fungsi yang berada dalam modul kode umum).
  4. Class memiliki sifat mereka sendiri (properti), metode, dan event terintegrasi atau dikenal dengan istilah di-encapsulation, sehingga mereka umumnya mandiri. Ini membuat kode kita lebih teratur dan lebih mudah untuk di-maintain.
  5. Adanya enkapsulasi berarti, penggunaan kembali kode menjadi mudah, karena kita cukup menyalin kelas template dan perubahan akan secara otomatis tercermin dalam setiap kelas yang mewarisi dari kelas dasar yang telah kita ubah. Hal ini bermanfaat ketika berbagi/ sharing kode dengan orang lain, atau ketika menggunakan kembali kode dari proyek-proyek lama, sehingga berimplikasi pada penghematan biaya dan waktu.

->pembuatan class & method :

  • Class adalah kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object. Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya.

class mobil:

namespace Belajar1 {

  class Program {

    static void Main(string[] args) {

       

    }

  }

 

  public class Mobil {

    public double kecepatan;

    public double bensin;

    public double posisi;

    public string nama;

 

    public void percepat() {

    }

    public void maju() {

    }

    public void isiBensin(double bensin) {

    }

  }

}

 

Perhatikan bahwa class Mobil berada di dalam namespace Belajar1 setingkat dengan class Program (dalam hal level kurung kurawalnya). Di sini kita telah melakukan proses abstraksi. Pada class Mobil di atas, kecepatan, bensin, posisi dan nama adalah fields, sedangkan percepat, maju dan isiBensin adalah method. Field, Property dan Mehtod.

 

  • Method adalah sarana bagi programmer untuk memodularisasi, artinya membreak atau memecah program kompleks menjadi bagian yang kecil-kecil. Setiap method yang menghasilkan suatu nilai dengan tipe data tertentu yang dinamai Return Type. Apabila terdapat suatu fungsi yang tidak menghasilkan suatu nilai apapun maka bagian return type ini diganti dengan void.Penamaan method mengikuti kaidah penamaan seperti pada penamaan variabel.

Bagian parameter pada method diisi dengan parameter-parameter fungsi yang diperlukan. Passing Parameter  dilakukan dengan cara pass by value dan pass by reference.Dengan analogi tersebut, otomatis beberapa hal umum seperti local variable,pemanggilan method, pendefinisian return value type, dsb adalah sama.

-Method void

Method void adalah bagian atau sub dari program yang mempunyai algoritma tertentu dalam menyelesaikan suatu masalah tanpa mengembalikan suatu nilai hasil. Secara umum method dalam java adalah sebuah fungsi.

method:

usingSystem;

 

namespacemethod

{

 classProgram

 {

 privatestaticvoidTulis()

 {

 }

 

 privatestaticvoidNama()

 {

 }

 publicstaticvoidMain(string[] args)

 {

 Tulis();

 Nama();

 

 }

 }

}

 

 

-Method Function

Method Function adalah bagian atau sub dari program yang mempunyai algoritma tertentu dalam menyelesaikan suatu masalah dengan mengembalikan hasil.

usingSystem;

 

namespacemethod

{

 classProgram

 {

 privatestaticintIn()

 {

 intnilai;

 nilai=Convert.ToInt32(Console.ReadLine());

 returnnilai;

 }

 privatestaticintPerkalihan(intm,intn)

 {

 intluas;

 luas=m*n;

 returnluas;

 }

 privatestaticvoidOut(into)

 {

 }

 publicstaticvoidMain(string[] args)

 {

 intm,n,o;

 m = In ();

 n = In();

 o = Perkalihan(m,n);

 Out(o);

 

 }

 }

 }

 

 

 

 

Share On :