Tugas

Irma Meilani
0 view / 1435 show
3 years ago
Education

Apa itu oop?

OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Pesawat, Pesawat adalah sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.

 

Manfaat oop

Adapun keuntungan menggunakan OOP dalam membuat aplikasi website adalah : 1. Maintanability Mudah di kelola karena kita dengan mudah menemukan sumber kesalah untuk kemudian diperbaiki. Misalnya  yang rusak adalah penglihatan, tentu yang diperbaiki adalah mata bukan object yang lain (di analofikan dengan tubuh manusia,dimana disetiap bagian tubuh adalah object). Hal ini karena setiap object memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda degan object lainnya. 2. Extensibility Kemamouan untuk dapat diperluas. Setiap object dapat ditammbah kemampuannya (tentu kode-kode  didalamnya) tampa menggangu object yang lainnya. 3. Reusability Kemampuan untuk dapat digunakan kembali. Setiap object dapat dipakai  dalam project yang lain jika diperlukan tanpa perlu penyesuaian yang berarti.

 

 

Cara membuat class

Konstanta dan Readonly

Member class berupa konstanta di inisialisasi hanya sekali yaitu saat program dicompile. konstanta secara implisit adalah static member yaitu hanya ada satu nilai pada semua objek. Member class berupa readonly inisialisasinya bisa beberapa kali pada programya yaitu tiap objek dibuat. Readonly di inisialisasi lewat constructor.

contoh

public class lingkaran

{

public const double pi = 3.14;

public readonly double diameter ;

 

public lingkaran(double setdiameter)

{

diameter = setdiameter;

}

 

}

Saat program dicompile nilai pi diinisialisasi yaitu tetap 3.14  selama program berjalan, sedangkan untuk nilai diameter setiap objek dibuat nilai readonly bisa diinisiaisasi.

Share On :