MANFAAT PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK

novi avianti
1 view / 2784 show
3 years ago
Education

Manfaat OOP

 OOP singkatan dari Object Oriented Programming, keistimewaan dalam pembungkusan memudahkan para programmer mengarungi lautan kehidupan dalam meng-coding ria. Ada beberapa istilah inti dari keistimewaan OOP ini, yang paling menarik adalah class, property, method, inheritance, polymorphisme, dan  encapsulation. OOP sering digunakan dalam pembuatan aplikasi besar, dimana ketika penambahan fitur terbaru fungsi encapsulation atau pembungkusan dalam class ini sangat berperan penting. Keuntungan lain adalah maintenance ketika ada bug yang bercokol dalam coding ataupun maintenance jenis lain. Dengan mudah terkontrol. Dan menghasilkan coding yang lebih efisien. Contoh nyata OOP yaitu button. Turunan button seperti bit button, push button dan lain-lain. Dimana button-button tersebut sebenarnya adalah bentuk lain dari button induk yang telah di berikan fitur-fitur tambaha.

Adapun keuntungan menggunakan OOP dalam membuat aplikasi website adalah :
1. Maintanability
Mudah di kelola karena kita dengan mudah menemukan sumber kesalah untuk kemudian diperbaiki. Misalnya  yang rusak adalah penglihatan, tentu yang diperbaiki adalah mata bukan object yang lain (di analofikan dengan tubuh manusia,dimana disetiap bagian tubuh adalah object). Hal ini karena setiap object memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda degan object lainnya.
2. Extensibility
Kemamouan untuk dapat diperluas. Setiap object dapat ditammbah kemampuannya (tentu kode-kode  didalamnya) tampa menggangu object yang lainnya.
3. Reusability
Kemampuan untuk dapat digunakan kembali. Setiap object dapat dipakai  dalam project yang lain jika diperlukan tanpa perlu penyesuaian yang berarti.

Share On :