OOP (Object Oriented Programing)

diki123
1 view / 2286 show
3 years ago
Education

Mengenal OOP(Pemrograman Berorientasi Objek)

Apa yang kalian ketahui tentang sebuah OOP(Object Oriented Programming)? Apa yang kalian gambarkan tentang OOP? Pasti kalian kebingungan? Nah kebetulan saya akan menjelaskan mengenai APA itu OOP?

Pengertian OOP

                OOP merupakan kepanjangan dari Object Oriented Programming, yang merupakan terobosan baru dalam pemrograman setelah pemrograman prosedural, pemrograman modular dan pemrograman abstraksi data.

OOP memiliki sebuah konsep yaitu, abstraksi, enkapsulasi, inheritance, polymorphism. Kira kira apa sih maksud konsep tersebut?

  • Abstraksi merupakan sebuah prinsip penyederhanaan dari sesuatu yang kompleks dengan cara memodelkan kelas sesuai dengan studi kasus/masalahnya.
  1. merupakan konsep penyembunyian informasi melalui private dan protected. Pada dasarnya kita tidak perlu mengetahui apa yang ada dalam objek itu (class), yang kita butuhkan adalah apa kegunaan, bagaimana cara memakainya dan apa yang akan terjadi, antara lain :

-Digunakan untuk membatasi akses terhadap instance variable dan method yang ada pada sebuah class dan atau class – class turunannya.

-Digunakan untuk menyembunyikan data – data yang sifatnya tidak boleh diketahui oleh user pada sebuah object.

-Semua interaksi harus dilakukan melalui method yang sudah disediakan.

Nah itulah yang disebut dengan OOP atau Pemrograman Berorientasi Objek, Konsep OOP oleh orang orang IT sangat membantu dalam membuat sebuah program komputer.  Kenapa sih OOP itu sangat membantu? Jika bertanya hal yang seperti itu pasti berhubungan dengan kelebihan OOP, simaklah kelebihan OOP di bawah ini :

 1. Hemat dalam penulisan dalam pemrograman prosedural, penggunaan kode-kode untuk operasi yang sama bisa sangat melelahkan, bisa bisa ketika kita ujian matematika malah isi coding pada lembar jawabannya, tetapi jika dengan OOP operasi-operasi yang sama tersebut bisa dikurangi dengan menggunakanfungsi-fungsi di OOP. Jadi, dengan membuat satu fungsi, kita kemudian bisa menggunakannya berkali-kali.

  1. tidak ada yang sempurna di dunia ini, apalagi itu program buatan manusia.  Pasti ada errornya.  Kalau di prosedural, kita harus mendeteksi error ini berdasarkan error line tetapi error terjadi mungkin bisa karena konflik antar operasi, alur yang salah, dll. Nah di prosedural, hal ini berarti kita harus memeriksanya satu persatu. Jika line errornya di line 40 bisa saja kita harus mencek line 30-39 atau mungkin lebih.  Dengan OOP, dimana operasi-operasi dibedakan berdasarkan class dan fungsi, kita hanya mencari fungsi-fungsi yang saling berkaitan, dan tentunya hal ini akan jauh lebih menghemat waktu.
  2.   mungkin suatu saat kita ingin mengupdate aplikasi kita, dengan prosedural caranya gimana?Dengan OOP, kita bisa melakukannya dengan mengganti beberapa class atau mungkin bisa hanya dengan mengganti satu class. Bagaimana bisa? Jika kita menggunakan sistem pemrograman dengan menggunakan inheritance (pewarisan), kita hanya perlu mengganti class induk, contoh: class b,c,d semuanya merupakan turunan dari class a, jadi jika kita ingin mengupdate program kita, kita hanya perlu merubah class a ini, sedangkan class b,c,d pasti akan langsung mengikuti perubahan tersebut. Mudah kan?
  3. Ide ini saya dapet waktu baca bukunya google, yaitu google hebat dalam programnya karena google mampu memotong-motong bagian program menjadi kecil-kecil sehingga dapat memangkas waktu loading menjadi lebih cepat. Dengan adanya konsep oop ini, tentunya hal ini tidak mustahil dilakukan, yaitu dengan cara membagi-baginya berdasarkan class dan fungsi.

Nah teman itulah kelebihan OOP, apakah kalian tertarik untuk mempelajarinya? Banyak kan kelebihan kelebihan OOP? Berbicara mengenai kelebihan, pasti disitu ada sebuah kekurangan, karena seperti yang saya bilang di dunia ini tidak ada yang sempurna kecuali ALLAH. Karena konsep OOP juga merupakan konsep yang dibuat oleh seorang manusia. Ini dia kekurangan OOP : 1. Tidak memperbolehkan implementasi yang kuat pada reuse. 2. Properti software tidak terikat dalam satu unit fungsional, sehingga harus crosscut di antara komponennya. 3. Crosscut tersebut mengakibatkan sulitnya pengembangan dan pemeliharaan.

Tidak terlalu parah kan teman kekurangannya?

      Cara membuat CLASS dan Method

Teman teman selanjutnya saya akan membuat tutorial cara membuat class. Tapi, sebelum kita membuat sebuah class tentu kita harus mengetahui apa itu class & method.

Apa itu class? class dalam kehidupan sehari hari yang kita jalani, dapat disebut sebagai sebuah kendaraan. Maksudnya? maksudnya adalah class itu harus memiliki sebuah turunan, contoh class kendaraan memiki turunan mobil, sepeda, becak dll.

Sedangkan method dalam kehidupan sehari kita ambil contoh sebuah buah mangga, dimana buah mangga itu memiliki method rasa, kulit dll. jadi kalian sudah mengerti apa itu class dn method kan? apabila belum mengerti mohon untuk mempelajari lagi di baik di GOOGLE, Wikipedia, atau sumber lainnya.

Berikut langkah langkah membuat sebuah Class:

Pertama :

  1. Buka Microsoft Visual Studio 2010 kesayangan anda.
  2. Setelah muncul jendela utama visual studio.
  3. Klik File>New>Project.
  4. Setelah terbuka jendela program.cs pergi ke menu bar > project > Add class.

Kalian sudah berhasil membuat class.

Sekarang contoh program method :

using System;

   namespace Test  

{  

 class Program  

 {     

 static void Main(string[] args)     

 {         

 Penjumlahan p = new Penjumlahan(5, 9);

 Penjumlahan q = new Penjumlahan(7, 9);

 Console.WriteLine(p.hitungPenjumlahan());

Console.WriteLine(q.hitungPenjumlahan());

 Console.ReadKey();

     }

  }

  class Penjumlahan   

{     

 int a;

 int b;

 public Penjumlahan(int a, int b)

      {         

 this.a = a;         

 this.b = b;     

 }     

 public int hitungPenjumlahan()     

 {         

 return a + b;     

 }  

 }

 }

Nah teman teman mungkin hanya itu yang bisa saya share kepada teman teman mohon maaf apabila materinya ada yang salah karena saya juga dalam masa pembelajaran . . . Terima kasih :D :D :D

 

Tags : #
Share On :




Related