OOP smkifmsd XI-R4

suci iman yunengsih
0 view / 1562 show
3 years ago
Education

Class pada C#

Kita mendefinisikan class di dalam namespace pada C#. Untuk mendefinisikan suatu class sederhana, kita tuliskan dalam namespace:

[access modifier] class [nama class] {

   //Member-member pada class

}

Access modifiers pada C# akan dijelaskan terakhir pada bagian ini. Untuk sekarang, cukup gunakan public untuk semua class. Sebagai contoh, kita dapat membuat class Mobil sebagai berikut:

namespace Belajar1 {

class Program {

   static void Main(string[] args) {

    

   }

}

 

public class Mobil {

   public double kecepatan;

   public double bensin;

   public double posisi;

   public string nama;

 

   public void percepat() {

   }

   public void maju() {

   }

   public void isiBensin(double bensin) {

   }

}

}

Perhatikan bahwa class Mobil berada di dalam namespace Belajar1 setingkat dengan class Program (dalam hal level kurung kurawalnya). Di sini kita telah melakukan proses abstraksi. Pada class Mobil di atas, kecepatan, bensin, posisi dan nama adalah fields, sedangkan percepat, maju dan isiBensin adalah method. Field, Property dan Mehtod akan dijelaskan lain kali.

Objek pada C#

Suatu class digunakan untuk membuat objek. Untuk membuat objek, kita meng-instantiate suatu class dengan salah satu dari cara berikut:

[nama class] [nama objek] = new [nama class]();[nama class] [nama objek] = new [nama class]() { field1=nilai1, field2=nilai2, ... };[nama class] [nama objek] = new [nama class](param1, param2, ...);

Ketika kita membuat suatu objek dari suatu class, kita mendapatkan semua member dari class tersebut. Kita dapat mengkases member class tersebut dengan mengetikkan titik dan nama member yang bersangkutan. Sebagai contoh, kita tuliskan dalam class Program:

class Program {

   static void Main(string[] args) {

     Car SuatuMobil = new Mobil();

     Car MobilSaya = new Mobil() { nama = "Ferrari", kecepatan = 0, bensin = 30000, posisi = 0 };

 

   }

}

Program di atas akan menampilkan:

[baris kosong]0Ferrari30000

Baris pertama kosong dan baris kedua bernilai 0 karena nilai default string dan int. Perlu diingat bahwa tidak baik untuk menggunakan variabel (field nama dan bensin) tanpa menginisialisasinya, akan tetapi program di atas hanyalah contoh. Inilah yang saya suka dari objek. Kita cukup menuliskan new Mobil() satu kali, dan di dalam objek tersebut kita sudah mendapatkan semua yang kita definisikan di dalam class Mobil.

 

Share On :




Related