Tugas OOP

Maryam Marselina
2 view / 1711 show
3 years ago
Education

  • Pemrograman berbasis objek adalah programming paradigma yang menggunakan objek dan interaksinya untuk merancang aplikasi dan program computer. Konsep dari object oriented programming (OOP) adalah lebih dari sekedar sebuah konsep pemrograman, Object oriented programming adalah cara berpikir tentang aplikasi yang mempelajari untuk berpikir bahwa aplikasi bukan sekedar prosedur melainkan sebagai object. Object yang dimaksud disini memiliki pengertian suatu modul yang mengkombinasikan antara data dan kode program yang bekerja sama dalam program dengan melewatkan proses satu sama lain.

Konsep penting dalam pemrograman berorientasi objek, yaitu :

Abstraksi (abstraction)

Abstraksi atau disebut juga composition merupakan prinsip penyederhanaan    dari sesuatu yang kompleks dengan cara memodelkan kelas sesuai dengan masalahnya. Sebagai contoh jika kita melihat sepeda motor. Kita tidak perlu melihat susunan komponen mesin dan dukungan elektriknya yang cukup kompleks dan rumit, namun kita bisa melihat sepeda motor itu sebagai sebuah entitas / satuan tunggal (single entity) yang merupakan sebuah objek yang mempunyai sifat dan karakteristik tersendiri.

Pembungkusan (encapsulation)

Prinsip encapsulation adalah prinsip penyembunyian detail dari sebuah kelas terhadap objek yang berorientasi terhadapnya.

Pewarisan (inheritence)

Inheritance atau pewarisan adalah prinsip pewarisan sifat dari orang tua ke anak atau turunan nya yang diterapkan pada kelas. Orang tua memiliki atribut dan method yang lebih umum dibandingkan dengan anak/turunannya.

Polimorfisme (polymorphism)

Polymorphism mungkin merupakan konsep pemrograman berorientasi objek yang paling sulit dimengerti . Arti dari polymorphism adalah kemampuan dari suatu objek untuk mempunyai lebih dari satu bentuk atau dalam pengertian lain adalah kita dapat menerapkan sesuatu hal yang berbeda melalui suatu cara yang sama.

Modularitas

Modularitas adalah memecahkan sesuatu yang kompleks menjadi bagian-bagian kecil yang mudah dikendalikan. Kelas atau kelompok kelas terkait dapat dianggap sebagai modul kode yang dapat digunakan kembali dalam proyek perangkat lunak banyak.

  • Kelebihan/manfaat dalam penggunaan bahasa pemrogaman C# antara lain
  1. Dengan merancang aplikasi menggunakan objek, berarti kita telah menerapkan permodelan yang mendekati kehidupan nyata. Hal ini memungkinkan desain program kita menjadi lebih alamiah , yang memungkinkan kita untuk bekerja lebih intuitif.
  2. Konsep ini memberi kita sebuah kosa kata/ vocabulary, sehingga kita dapat lebih efektif mendiskusikan sistem atau aplikasi dengan rekan kerja kita (jauh lebih mudah untuk membahas fungsi dalam hal metode obyek daripada salah satu dari ratusan fungsi yang berada dalam modul kode umum).
  3. Class memiliki sifat mereka sendiri (properti), metode, dan event terintegrasi atau dikenal dengan istilah di-encapsulation, sehingga mereka umumnya mandiri. Ini membuat kode kita lebih teratur dan lebih mudah untuk di-maintain.
  4. Adanya enkapsulasi berarti, penggunaan kembali kode menjadi mudah, karena kita cukup menyalin kelas template dan perubahan akan secara otomatis tercermin dalam setiap kelas yang mewarisi dari kelas dasar yang telah kita ubah. Hal ini bermanfaat ketika berbagi/ sharing kode dengan orang lain, atau ketika menggunakan kembali kode dari proyek-proyek lama, sehingga berimplikasi pada penghematan biaya dan waktu.
  5. Walaupun saya kurang paham dengan oop/pbo tapi saya mengetahui manfaat penggunaan oop adalah untuk mempermudah kita membuat program karena dengan oop kita tidak akan ribet jika membuat sebuah program,dan apabila ada yang harus di ubah kita tidak perlu merubah satu-satu apalagi kalau banyak yang harus di ubahnya, dengan oop kita cukup melakukan pemanggilan saja.
  6. Lalu setelah itu akan muncul seperti dibawah ini.Konsep ini menyederhanakan kompleksitas dengan memungkinkan kita untuk mendefinisikan sebuah sistem besar dan kompleks menggunakan set yang lebih kecil dari objek yang saling terkait

    class dan mthod

    • Class merupakan penggambaran dari sebuah objek atau benda ,sifat objek dan juga apa yang bisa dilakukan oleh objek tersebut.

    Cara membuat class bangunan adalah Seperti  di bawah ini :    

    class bangunan

    {

    public int lantai;

    public int tangga;

    public int panjang;

    public int lebar;

    public int luas()

    {        

    return panjang * lebar;

    }

    }                 

     

    class Program

    {

    static void Main(string[] args)

    {

    bangunan toko = new bangunan();

    Console.WriteLine("Lantai toko ada " + toko.lantai);

    Console.WriteLine("Tangga toko ada " + toko.tangga);

    Console.WriteLine("Luas toko ada " + toko.luas());

     

    bangunan rumah = new bangunan();

    Console.WriteLine("Lantai rumah ada " + rumah.lantai);

    Console.WriteLine("Tangga rumah ada " + rumah.tangga);

    Console.WriteLine("Luas rumah ada " + rumah.luas());

     

    //breakline

    Console.ReadLine();

     

     

    }

    }

    }


    • Method adalah bagian dari tubuh program yang mengimplementasikan suatu action sehinggga class atau object dapat bekerja. Method diimplementasikan didalam class dan menyediakan informasi tambahan yang mana class tidak dapat menangani sendiri. Ada beberapa method yang seirng dipakai oleh para pembuat aplikasi,  diantaranya, prosedur dan fungsi. Selain itu, Method juga dapat di artikan sarana bagi programmer untuk memodularisasi, artinya membreak atau memecah program kompleks menjadi bagian yang kecil-kecil sehingga nantinya dapat digunakan berulang-ulang, daripada menulis beberapa baris kode yang sama.        
    Cara membuat method adalah Seperti  di bawah ini : 
        class variabel
        {
            public int a, b, c;
            public double hasil;
            public string jwb;
        
        }


        class Program
        {
            public static void Main()
            {
                variabel anyar = new variabel();
                Console.WriteLine("      Pilihan:     ");
                Console.WriteLine(" ================== ");
                Console.WriteLine(" 1.penjumlahan ");
                Console.WriteLine(" 2.pengurangan ");
                Console.WriteLine(" 3.perkalian ");
                Console.WriteLine(" 4.pembagian ");
                Console.WriteLine(" 5.modulus ");
                Console.WriteLine(" 6.pangkat ");
                Console.WriteLine(" 7.sin ");
                Console.WriteLine(" 8.cos ");
                Console.WriteLine(" 9.tan ");
                Console.WriteLine(" 10.akar ");
                Console.WriteLine(" ================== ");

                Console.WriteLine("pilih operasi yang ingin anda gunakan");
                anyar.c = int.Parse(System.Console.In.ReadLine());
                Console.WriteLine("angka pertama");
                anyar.a = int.Parse(System.Console.In.ReadLine());
                Console.WriteLine("angka kedua");
                anyar.b = int.Parse(System.Console.In.ReadLine());

                switch (anyar.c)
                {
                    case 1:
                        anyar.hasil = anyar.a + anyar.b;
                        Console.WriteLine("hasilnya " + anyar.hasil);
                        break;
                    case 2:
                        anyar.hasil = anyar.a - anyar.b;
                        Console.WriteLine("hasilnya " + anyar.hasil);
                        break;
                    case 3:
                        anyar.hasil = anyar.a * anyar.b;
                        Console.WriteLine("hasilnya " + anyar.hasil);
                        break;
                    case 4:
                        anyar.hasil = anyar.a / anyar.b;
                        Console.WriteLine("hasilnya " + anyar.hasil);
                        break;
                    case 5:
                        anyar.hasil = anyar.a % anyar.b;
                        Console.WriteLine("hasilnya " + anyar.hasil);
                        break;
                    case 6:
                        anyar.hasil = Math.Pow(Convert.ToDouble(anyar.a), Convert.ToDouble(anyar.b));
                        Console.WriteLine("hasilnya " + anyar.hasil);
                        break;
                    case 7:
                        double sin = Math.Sin(anyar.a);
                        Console.WriteLine("hasilnya " + sin);
                        break;
                    case 8:
                        double cos = Math.Cos(anyar.a);
                        Console.WriteLine("hasilnya " + anyar.hasil);
                        Console.WriteLine(cos);
                        break;
                    case 9:
                        double tan = Math.Tan(anyar.a);
                        Console.WriteLine("hasilnya " + anyar.hasil);
                        Console.WriteLine(tan);
                        break;
                    case 10:
                        anyar.hasil = Math.Pow(Convert.ToDouble(anyar.a), 1 / Convert.ToDouble(anyar.b));
                        Console.WriteLine("hasilnya " + anyar.hasil);
                        break;
                    default:
                        Console.WriteLine("pilihan tidak tersedia !!");
                        break;
                }

                //breakline
                Pilihan();
            }
            
            public static void Pilihan()
            {
                variabel anyar = new variabel();
                Console.WriteLine("\n------------------------\n");
                Console.Write("\nApakah anda ingin melanjutkan lagi,silahkan pilih ya/tidak??? (y/t) : ");
                anyar.jwb = Console.ReadLine();
                if (anyar.jwb == "y")
                {
                    Console.Clear();
                    Main();
                }
            }
        }
    class variabel
    {
        public int a, b, c;
        public double hasil;
        public string jwb;
    
    }


    class Program
    {
        public static void Main()
        {
            variabel anyar = new variabel();
            Console.WriteLine("      Pilihan:     ");
            Console.WriteLine(" ================== ");
            Console.WriteLine(" 1.penjumlahan ");
            Console.WriteLine(" 2.pengurangan ");
            Console.WriteLine(" 3.perkalian ");
            Console.WriteLine(" 4.pembagian ");
            Console.WriteLine(" 5.modulus ");
            Console.WriteLine(" 6.pangkat ");
            Console.WriteLine(" 7.sin ");
            Console.WriteLine(" 8.cos ");
            Console.WriteLine(" 9.tan ");
            Console.WriteLine(" 10.akar ");
            Console.WriteLine(" ================== ");

            Console.WriteLine("pilih operasi yang ingin anda gunakan");
            anyar.c = int.Parse(System.Console.In.ReadLine());
            Console.WriteLine("angka pertama");
            anyar.a = int.Parse(System.Console.In.ReadLine());
            Console.WriteLine("angka kedua");
            anyar.b = int.Parse(System.Console.In.ReadLine());

            switch (anyar.c)
            {
                case 1:
                    anyar.hasil = anyar.a + anyar.b;
                    Console.WriteLine("hasilnya " + anyar.hasil);
                    break;
                case 2:
                    anyar.hasil = anyar.a - anyar.b;
                    Console.WriteLine("hasilnya " + anyar.hasil);
                    break;
                case 3:
                    anyar.hasil = anyar.a * anyar.b;
                    Console.WriteLine("hasilnya " + anyar.hasil);
                    break;
                case 4:
                    anyar.hasil = anyar.a / anyar.b;
                    Console.WriteLine("hasilnya " + anyar.hasil);
                    break;
                case 5:
                    anyar.hasil = anyar.a % anyar.b;
                    Console.WriteLine("hasilnya " + anyar.hasil);
                    break;
                case 6:
                    anyar.hasil = Math.Pow(Convert.ToDouble(anyar.a), Convert.ToDouble(anyar.b));
                    Console.WriteLine("hasilnya " + anyar.hasil);
                    break;
                case 7:
                    double sin = Math.Sin(anyar.a);
                    Console.WriteLine("hasilnya " + sin);
                    break;
                case 8:
                    double cos = Math.Cos(anyar.a);
                    Console.WriteLine("hasilnya " + anyar.hasil);
                    Console.WriteLine(cos);
                    break;
                case 9:
                    double tan = Math.Tan(anyar.a);
                    Console.WriteLine("hasilnya " + anyar.hasil);
                    Console.WriteLine(tan);
                    break;
                case 10:
                    anyar.hasil = Math.Pow(Convert.ToDouble(anyar.a), 1 / Convert.ToDouble(anyar.b));
                    Console.WriteLine("hasilnya " + anyar.hasil);
                    break;
                default:
                    Console.WriteLine("pilihan tidak tersedia !!");
                    break;
            }

            //breakline
            Pilihan();
        }
        
        public static void Pilihan()
        {
            variabel anyar = new variabel();
            Console.WriteLine("\n------------------------\n");
            Console.Write("\nApakah anda ingin melanjutkan lagi,silahkan pilih ya/tidak??? (y/t) : ");
            anyar.jwb = Console.ReadLine();
            if (anyar.jwb == "y")
            {
                Console.Clear();
                Main();
            }
        }
    }
Share On :