Tugas OOP

Deti Hartini
3 view / 1415 show
3 years ago
Education

Assalamu'alaikum ....

BAGIAN 1

 Object Oriented Programming (OOP) adalah sebuah pendekatan untuk pengembangan suatu software dimana dalam suatu struktur software tersebut didasarkan kepada interaksi object dalam penyelesain suatu proses/tugas. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Pesawat, Pesawat adalah sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.

Konsep OOP:

1. Abtraksi

2. Enkapsulasi

3. Polymorphism

4. Inheritance

 

BAGIAN 2

Manfaat dari Pemograman Berbasis Objek:

  1. Mempermudah dalam pembuatan program.
  2. Perbaikan ketika ada bug atau error menjadi lebih mudah di perbaiki. Misalnya kalau ada perubahan-perubahan dalam coding maka yang perlu kita lakukan hanyalah merubah kode yang terdapat didalam class tersebut saja, tanpa harus membongkar semua kode aplikasi yang sudah dibuat dibuat.
  3. Coding menjadi lebih efisien. Artinya, dalam penggunaan OOP tidak boleh ada pengulangan coding yang tidak diperlukan.
  4. Menyederhanakan kompleksitas dengan memungkinkan kita untuk mendefinisikan sebuah sistem besar dan kompleks menggunakan set yang lebih kecil dari objek yang saling terkait.
  5. Penggunaan memori yang lebih kecil.
  6. Mudah dikelola karena kita dengan mudah menemukan sumber kesalahan untuk kemudian diperbaiki. Misalnya  yang rusak adalah penglihatan, tentu yang diperbaiki adalah mata bukan object yang lain (di analofikan dengan tubuh manusia,dimana disetiap bagian tubuh adalah object). Hal ini karena setiap object memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda degan object lainnya

BAGIAN 3

Class merupakan penggambaran dari sebuah objek atau benda sifat objek dan juga apa yang bisa dilakukan oleh objek tersebut. Cara membuat Class:

  • Buat project baru, dan pilih Console Application
  • Untuk membuat sebuah kelas baru, klik pada nama project anda yang terdapat pada jendela Solution Explorer. Kemudian klik kanan, pilih menu Add Class.
  • Maka akan muncul jendela Add New Item. Pada nama class baru yang akan dibuat, masukkan nama class. Contoh class kendaraan.
  • Kemudian kita Add. Maka akan tampil unit class baru dengan nama kendaraan. Selanjutnya kita tuliskan listing dibawah ini pada unit kendaraan tersebut.

using System;

using System.Collections.Generic;

using System.Linq;

using System.Text;

namespace ConsoleApplication1 {     class Kendaraan     {       

  public string NoKendaraan;       

  public string Merk;       

  public int kecepatan;     } }

  • Kemudian, tuliskan pula listing program dibawah ini pada unit utama aplikasi yang kita buat.

Method merupakan suatu operasi berupa fungsi fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu objek. Contoh:

class Bangunan //membuat class bernama bangunan

    {

        public int lantai; //membuat variabel lantai dengan tipe data integer

        public int luas()

        {

            return panjang * lebar; //method dari variabel luas

        }

 

    }

Share On :