Tugas OOP

Wulan Rahayu
6 view / 1541 show
3 years ago
Education

Bagian 1 : Pengertian OOP

Pengertian dari pemrograman berorientasi objek atau dalam bahasa inggris disebut object-oriented programming (OOP) adalah teknik membuat suatu program berdasarkan objek atau cara berpikir dalam melakukan pemrograman dimana pendefinisian tipe data disertai dengan pendefinisian fungsi.

OOP juga bisa didefinisikan sebagai sebuah pendekatan untuk pengembangan / development suatu software dimana dalam struktur software tersebut didasarkan kepada interaksi object dalam penyelesaian suatu proses / tugas. Interaksi tersebut mengambil form dari pesan-pesan dan mengirimkannya kembali antar object tersebut. Object akan merespon pesan tersebut menjadi sebuah tindakan / action atau metode. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.

Ada 4 konsep OOP, yaitu :

  1. Kelas Abstrak (Class Abstraksi)
  2. Enkapsulasi (encapsulation)
  3. Pewarisan (Inheritance)
  4. Polimorfisme (polymorphism)

 

Bagian 2 : Manfaat OOP

Manfaat Object Oriented Programming (OOP) adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari - hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Contohnya Mobil, mobil adalah sebuah objek. Mobil itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi seperti mesin, roda, kaca, kursi mobil, dll. Mobil sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek - objek yang lainnya. Dalam metode OOP, objek - objek tersebut diubah menjadi kelas, kelas tersebut digunakan untuk mengurangi duplikasi kode dan mengurangi kesalahan program agar mudah di-manage dan di-debug. erubahan sebuah object dilakukan dengan pemanggilan method yang dideklarasikan sebelumnya.

 

Bagian 3 : Membuat Class dan Method dalam C#

 

Cara membuat class


 

class bangunan //membuat kelas bangunan

    {

        public int rumah; //membuat variabel rumah dengan tipe data integer

    }

 

 

Cara membuat method


 

class aritmatika //membuat kelas aritmatika

    {

        public int hasil, num1, num2; //membuat variabel hasil, num1, num2 dengan tipe data integer

        public int Penjumlahan()

        {

            hasil = num1 + num2; //method untuk variabel penjumlahan

        }

    }

 

Contoh penggunaan class dan method dalam aplikasi Kalkulator Sederhana


 

using System;

using System.Collections.Generic;

using System.Linq;

using System.Text;

 

namespace CalculatorSederhana

{

    class Variable //membuat kelas variabel

    {

        public int op; //membuat variabel op dengan tipe data int

        public double num1, num2, hasil; //membuat variabel num1, num2, dan hasil dengan tipe data int

    }

 

    class Op2Var //membuat kelas Op2var

    {

        public void Penjumlahan() //method untuk penjumlahan

        {

            var.hasil = var.num1 + var.num2;

            Console.WriteLine(var.hasil); //menampilkan hasil

        }

 

        public void Pengurangan() //method untuk pengurangan

        {

            var.hasil = var.num1 - var.num2;

            Console.WriteLine(var.hasil); //menampilkan hasil

        }

 

        public void Perkalian() //method untuk perkalian

        {

            var.hasil = var.num1 * var.num2;

            Console.WriteLine(var.hasil); //menampilkan hasil

        }

 

        public void Pembagian() //method untuk pembagian

        {

            var.hasil = var.num1 / var.num2;

            Console.WriteLine(var.hasil); //menampilkan hasil

        }

}

 

    class Program

    {

 

        public static void Main()

        {

                Variable invar = new Variable(); //mendeklarasikan kelas Variable agar dapat dipanggil pada kelas Program

                Op1Var O1V = new Op1Var(); //mendeklarasikan kelas Op1Var agar dapat dipanggil pada kelas Program

 

                Console.WriteLine("------------------------");

                Console.WriteLine("     ~ KALKULATOR ~");

                Console.WriteLine("------------------------");

                Console.WriteLine("\nOperator : ");

                Console.WriteLine("1. Penjumlahan (+)");

                Console.WriteLine("2. Pengurangan (-)");

                Console.WriteLine("3. Perkalian (*)");

                Console.WriteLine("4. Pembagian (/)");

                Console.Write("\nPilih Angka Operator (1 - 4) : ");

                invar.op = int.Parse(Console.ReadLine()); //memasukkan pilihan untuk variabel op

                Console.WriteLine("Masukkan 2 nilai :");

                Console.Write("Nilai pertama ");

                var.num1 = Convert.ToDouble(Console.ReadLine()); //memasukkan angka untuk variabel num1

                Console.Write("Nilai kedua ");

                var.num2 = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());//memasukkan angka untuk variabel num2

 

 

                switch (invar.op) //pemilihan yang di masukkan oleh variabel op

                {

                    case 1: //jika angka yang dimasukkan adalah 1

                        O2V.Penjumlahan(); //pemanggilan method penjumlahan

                        break;

                    case 2: //jika angka yang dimasukkan adalah 2

                        O2V.Pengurangan(); //pemanggilan method pengurangan

                        break;

                    case 3: //jika angka yang dimasukkan adalah 3

                        O2V.Perkalian(); //pemanggilan method perkalian

                        break;

                    case 4: //jika angka yang dimasukkan adalah 4

                        O2V.Pembagian(); //pemanggilan method pembagian

                        break;

                    default:

                        Console.WriteLine("\nError!!");

                        invar.hasil = 0;

                        break;

                }

           

        }

    }

}

Share On :