Apa Tujuanmu ?

Afni Tias Nurul Aini
3 view / 1576 show
4 years ago
General

Selamat siang SOHABAT CONAXE

Minggu lalu adik-adik di SMA sudah menjalani Ujian Nasional. Kemudian tentu saja sebagian besar dari mereka akan menjalani tes masuk perguruan tinggi. Mulai dari SBMPTN, SNMPTN dan ujian mandiri.


Untuk SOHABAT CONAXE yang sudah kuliah, masih ingatkah perjuangan sewaktu memasuki perguruan tinggi? Hal ini menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan, mulai dari menentukan jurusan yang disukai, menjalani tes, sampai menunggu hasilnya keluar. Sebagian ada yang langsung lulus di jurusan dan perguruan tinggi yang diinginkan, sebagian lulus di jurusan yang berbeda, yang kemudian ada yang menerimanya namun ada juga yang mengikuti tes kembali demi diterima di perguruan tinggi dengan jurusan yang selama ini diimpikan. Nah SOHABAT CONAXE termasuk yang mana?


Bercerita tentang pencarian jurusan idaman dan perguruan tinggi yang diinginkan semasa SMA dulu, saya teringat perjuangan teman saya yang sekarang tengah berkuliah di jurusan Kedokteran.
Sebut saja namanya Puti. Puti merupakan teman saya yang sangat pintar dan rajin. Dia tidak pernah lepas dari juara satu dan juara umum selama sekolahnya. Baik itu selama SD-SMP-SMA ia selalu menjadi bintang kelas. Saya masih ingat, cita-citanya semenjak kecil adalah menjadi seorang dokter.
Singka cerita, tibalah ia dimasa penerimaan mahasiswa baru. Ia mengikuti tes pertama untuk masuk perguruan tinggi di tes nasional. Setelah berusaha dan menunggu hasil ternyata ia gagal lolos di kedokteran. Berita itu merupakan hantaman berat untuknya hingga membuatnya sakit dan harus dirawat. Akan tetapi ia tidak menyerah sampai disitu, ia kemudian mengikuti tes mandiri di universitas lain. Namun lagi-lagi ia gagal. Tidak berhenti sampai di tes kedua, iapun kembali mengikuti tes berikutnya sampai akhirnya ia diterima di kedokteran. SOHABAT CONAXE punya atau pernah mendengar kisah yang sama?
Tidak hanya Puti saja, banyak teman saya lainnya yang juga perlu beberapa kali tes untuk lolos di jurusan yang mereka inginkan. Bahkan ada yang harus menunggu tahun berikutnya untuk bisa masuk di jurusan idaman.


Saya kagum terhadap mereka semua. Ada satu kesamaan yang mereka miliki yaitu TUJUAN. Mereka semua telah memiliki tujuan yang jelas yaitu mereka ingin menjadi dokter karenanya mereka harus masuk jurusan kedokteran bukan sekedar lulus dan masuk di perguruan tinggi saja.
Di sini saya melihat kekuatan daripada tujuan itu sendiri. Dengan memiliki tujuan kita tidak akan tersesat dan mudah terbawa arus. Tujuan membuat apa yang kita lakukan setiap harinya dan langkah yang kita tetapkan menjadi jelas dan bermakna. Tidak ada yang sia-sia ketika kita menjalani sesuatu, sebab apapun yang kita lakukan dimaksudkan untuk mencapai tujuan.

Jadi, apa tujuanmu SOHABAT CONAXE?

Tags : #inpirasi
Share On :