Deskripsi Lagu Kasih Ibu

Siti Fatimah Agustini
1 view / 3601 show
2 years ago
Education

Lagu Kasih Ibu sampai sekarang masih selalu dinyanyikan oleh anak-anak Indonesia khususnya dan tak jarang lagu ini selalu diperkenalkan di dalam dunia pendidikan karena lagu ini memiliki makna yang baik dengan lagunya yang sangat sederhana dan penuh arti membuat kita lebih menghargai, menghormati, patuh, dan lebih menyayangi ibu.

Mungkin karena lirik lagunya yang singkat dan ringan, juga menggunakan bahasa yang mudah untuk diingat dan dihafalkan sehingga kita dengan santai mampu menyanyikan lagi ini berulang-ulang dengan tempo yang pelan, apalagi anak-anak. Tiap-tiap bait dari lirik lagu "Kasih Ibu"  begitu jelas maknanya dan berisi nasehat, melukiskan bagaimana tiada terkiranya kasih sayang seorang  ibu kepada anaknya tiada terkira oleh waktu hingga akhir hayatnya. Tidak hanya kasih sayang ibu yang di ceritakan dari isi lagu ini, juga bagaimana pengorbanan ibu yang tiada mengharap imbalan atau balas jasa dari anaknya. Tanpa pamrih seorang ibu memberikan kasih sayangnya.

Tujuan Lagu ini diciptakan untuk mengajarkan dan memberi pengetahuan kepada anak-anak tentang kasih sayang seorang ibu kepada anak-anaknya. Dengan demikian anak-anak dapat menyadari betapa besarnya kasih sayang seorang ibu sehingga anak-anak dapat menghargai dan membalas kasih sayang seorang ibu.

Sempat teringat , siapa yang menciptakan lagu ini? Ternyata pencipta lagu kasih ibu tidak  sepopuler lagu anak ciptaannya, beliau adalah  SM Mochtar salah satu pencipta lagu Anak yang cukup terkenal. Beberapa dari lagu ciptaanya bahkan masih sering dialunkan oleh  anak-anak Indonesia. Beliau dilahirkan di Makassar tanggal 5 Januari 1934.

Sejak berusia 4 tahun tokoh terkenal ini telah mulai menunjukkan bakatnya di bidang musik yaitu dengan bermain piano. Satu hal yang pantas disaluti adalah, Pak Mochtar belajar piano secara otodidak tanpa bantuan seorang guru. Namun, itu tidak menghalanginya untuk menjadi seorang yang ahli di bidang musik.  

(Referensi : http://www.kompasiana.com)

 

Alat Musik yang Dapat Dipakai Untuk Mengiringi Lagu “Kasih Ibu”

Lagu Kasih Ibu ini bisa dimainkan dengan alat musik apapun termasuk suling. Pada kesempatan kali ini untuk mengiringi lagu tersebut saya akan menggunakan alat musik pianika. Untuk itu saya akan menjelaskan apa itu pianika?, fungsi alat musik ini untuk apa? dan bagaiman cara memainkannya/menggunakannya?

Pianika adalah alat musik tiup kecil sejenis harmonika, tetapi memakai bilah–bilah keyboard yang luasnya sekitar tiga oktaf. Pianika dimainkan dengan tiupan langsung, atau memakai pipa lentur yang dihubungkan ke mulut. Umumnya pianika dimainkan sebagai alat pendidikan di sekolah. Pianika tergolong alat musik tiup. Dalam bermain musik pianika dapat digunakan untuk memainkan melodi pokok, kontra melodi, bila memungkinkan dapat juga untuk mengiringi lagu. Kegunaan tuts pianika :

1.    Tuts putih berfungsi untuk memainkan nada–nada pokok/asli.

2.    Tuts hitam berfungsi untuk memainkan nada–nada kromatis.

Dalam memainkan alat musik pianika, tangan kiri memegang pianika dan tangan kanan menekan untuk memainkan melodi lagu, sedangkan mulut meniupnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam bermain alat musik pianika adalah :

  • Memainkan dengan lima jari, setiap jari mempunyai tugas untuk menekan tuts–tuts tertentu.
  • Cara meniup diusahakan halus dan rata.
  • Bentuk tangan kanan seperti memegang bola sehingga memungkinkan jari bergerak dengan leluasa.

Penjarian pada pianika biasannya menggunakan tangan kanan yang terdiri dari :

  • ibu jari , sebagai jari nomor 1
  • jari telunjuk, sebagai jari nomor 2
  • jari tengah, sebagai jari nomor 3
  • jari manis, sebagai jari nomor 4
  • jari kelingking,sebagi jari nomor 5, 

(Referensi :Wikipedia.org)

 

 

Share On :