INDONESIAN STEREOTYPES : MASALAH "COWOK ITU GAK BOLEH NANGIS!"

Yadi Sutela
4 view / 3542 show
2 years ago
General

YADIPEDIA - Dibudaya kita sejak kecil kita diajarkan untuk tidak mudah menangis terutama anak laki-laki, bahkan gue juga sama. Alasannya sih karena kita anak cowok dan cowok itu harus kuat terus kadang juga dibilang bikin malu kalo cowok nangis.

"KAMU ITU ANAK COWOK, GAK BOLEH NANGIS HARUS KUAT!"

Memang benar sih situasi ini sangat menjadi hal yang Taboo untuk dilakukan oleh cowok apalagi cowok remaja atau menjelang dewasa dimana harga diri mereka sedang tinggi-tingginya, jadinya makin sulit untuk menangis.

Dinegara budaya timur seperti Indonesia ini jika melihat Seorang Pria menangis itu dianggap sebagai Pria lemah. karena anggapan dari Stereotypes atau klise yang telah diajarkan pada kita waktu kecil dimana "Anak laki-laki itu kuat dibanding cewek dan gak pantes buat nangis".
Tapi tau gak sih guys! Di beberapa negara sisi bumi yang lain pria yang menangis itu tidak dianggap lemah namun dianggap sebagai pengungkapan ekspresi dan emosi yang jujur.

Source image : (izquotes.com)

Secara Psikologis Menangis memiliki arti komunikasi psikologis yang menyehatkan dan merupakan upaya ifragh (pelampiasan kekesalan jiwa). atau "Menangis adalah ekspresi dari emosi yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan. Hal ini dipicu karena air mata yang keluar saat menangis mengandung zat mangan dan hormon prolaktin yang cenderung meningkat ketika seseorang dilanda frustrasi/depresi. Keluarnya kedua zat tersebut dari tubuh secara otomatis menurunkan depresi yang tengah diderita." seperti yang dilansir di http://iskamaulana.blogspot.co.id

Ya singkatnya, Menangis itu membuat kita merasa lebih tenang ketika kita dilanda masalah atau lagi galau, cobalah menangis. karena banyak manfaat dari menangis seperti:

1.Menurunkan Stres atau depresi

2.Membunuh bakteri

3.Menyegarkan mata dan penglihatan

4.Melegakan perasaan

5.Membantu komunikasi

6. dan banyak lainnya

Sesi Penyelesaian masalah!

Didunia ini tidak ada larangan atau pun hukum yang melarang seorang pria menangis, kita semua bebas untuk menangis, menangis bahagia, menangis sedih. bahkan menangis untuk sekedar membersihkan jiwa dan perasaan kita.

Jadi untuk kamu (Cowok) yang sudah membaca artikel ini apa pilihanmu? apakah akan tetap dengan Stereotypes yang bilang "cowok itu gak boleh nagis dan harus kuat" atau akan mencoba berubah menjadi lebih jujur dengan perasaannya dengan menangis jika waktunya yang tepat untuk menangis.

Gue juga memilih menangis jika gue ngerasa tertekan, mendapat masalah, depresi, dan semacamnya. dan setelah menangis gue akan ngerasa lebih tenang dan dapat menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. :)

Pilihannya ada di tangan loe! Mending ikut perasaan yang lu punya atau ngedengerin kata orang gak boleh nangis?

 

Sekian postingan gue kali ini, semoga buat bermanfaat buat kalian, tunggu lagi postingan tentang INDONESIAN STEREOTYPES yang membahas masalah lain.

Jangan lupa Follow gue di Instagram, Twitter, CONAXE, ask.fm.

 @Yadisutela

Share On :