STOP Lakukan 6 Hal Ini di Depan Anak!

CONAXE MEDIA
2 view / 1790 show
2 years ago
General

CONAXE MEDIA - Orang tua seharusnya tidak pernah melakukan hal-hal tertentu di depan anak-anak. Mengapa orang tua harus selalu berhati-hati?

Merawat anak dengan benar tidak akan mudah. Setiap tindakan dari orangtua berpengaruh dalam membentuk psikologi anak, karena anak-anak cenderung meniru atau mengikuti orang tua. Karena itu, perilaku buruk tidak boleh dilakukan di depan anak-anak.

Sebelum Anda mencoba untuk merawat anak-anak dengan baik, penting untuk memperbaiki diri dulu sehingga anak-anak tidak terpengaruh dengan kesalahan-kesalahan yang Anda lakukan.

Berikut 6 hal yang tidak boleh dilakukan orang tua di depan anak-anak, seperti dilansir Boldsky Ahad (6/9).

1. Memukul di Depan Anak

Memukul apappun dan siapapun di depan anak adalah contoh buruk. Ini bisa mengintimidasi anak atau membuat anak suka berbuat kekerasan.

2. Berteriak di Depan Anak

Berteriak di depan anak dapat membuat anak meniru perilaku Anda di tempat-tempat lain. Ini akan menjadikan anak memiliki sifat agresif yang bisa membahayakan dirinya dan orang lain.

3. Mengabaikan Perasaan Anak

 

Orang tua harus memiliki telinga yang seharusnya digunakan untuk mendengarkan. Mendengar keluhan-keluhan anak Anda dengan sabar adalah suatu keharusan. Jika tidak, anak Anda mungkin akan merasa diabaikan.

4. Mengabaikan Pendapat Anak

Jika anak Anda mengungkapkan pendapat, jangan diam bahkan jika pendapat anak Anda itu sebenarnya konyol. Duduklah dan jelaskan mengapa opini tersebut tidak baik sehingga dapat mengajarkan anak untuk berpikir rasional.

5. Menggunakan Bahasa Kotor

Menggunakan bahasa kotor mungkin benar-benar akan merusak anak Anda, karena ia mungkin akan mulai menggunakan juga bahasa seperti itu di tempat-tempat lain.

6. Mengkritik Anak Anda di Depan Umum

Mengkritik anak Anda secara berlebihan di depan umum mungkin bisa membuat anak Anda merasa terhina, sehingga dia mungkin akan memiliki perasaan negatif kepada Anda.

 

Referensi : REPUBLIKA.CO.ID

Share On :