DBMS Enterprise

Erlan Pradita Fasa
0 view / 1552 show
2 years ago
Education

DBMS (Database Management System)

 

DBMS adalah Semua peralatan komputer (Hardware+Software+Firmware). DBMS dilengkapi dengan bahasa yang berorientasi pada data (High level data langauage) yang sering disebut juga sebagai bahasa generasi ke 4 (fourth generation language).


KOMPONEN DBMS 
• Data Dictionary 
Sebuah repository yang menyimpan data definition dan deskripsi dari struktur data didalam database
• DBMS Utilities 
Program yang memungkinkan user mengelola data dengan cara create, edit, delete data dan file. Didalamnya termasuk data recovery dan back up 
• Report Generator 
Program untuk menghasilkan laporan yang berasal dari data yang disimpan

 

 

 

 

 

STRUKTUR MEMORY DBMS

Struktur hirarki digunakan dalam DBMS mainframe awal. Hubungan Records 'bentuk model treelike. Struktur ini sederhana namun nonflexible karena hubungan terbatas pada hubungan satu-ke-banyak. IBM sistem IMS dan Mobile RDM adalah contoh sistem basis data hirarki dengan beberapa hirarki atas data yang sama. RDM Mobile adalah embedded database baru dirancang untuk sistem komputer mobile. Struktur hirarkis digunakan terutama saat ini untuk menyimpan informasi geografis dan sistem file.

Struktur jaringan yang terdiri dari hubungan yang lebih kompleks. Berbeda dengan struktur hirarkis, dapat berhubungan dengan banyak catatan dan akses mereka dengan mengikuti salah satu dari beberapa jalan. Dengan kata lain, struktur ini memungkinkan untuk hubungan banyak-ke-banyak.

Struktur relasional adalah yang paling umum digunakan saat ini. Hal ini digunakan oleh mainframe, midrange dan sistem komputer mikro. Ini menggunakan dua dimensi baris dan kolom untuk menyimpan data. Tabel catatan dapat dihubungkan oleh nilai-nilai kunci yang sama. Ketika bekerja untuk IBM, EF Codd dirancang struktur ini pada tahun 1970. Model ini tidak mudah bagi pengguna akhir untuk menjalankan query dengan karena mungkin memerlukan kombinasi kompleks banyak tabel.

Struktur multidimensi mirip dengan model relasional. Dimensi model kubus-seperti memiliki data yang berhubungan dengan unsur-unsur di setiap sel. Struktur ini memberikan tampilan spreadsheet seperti data. Struktur ini mudah untuk mempertahankan karena catatan disimpan sebagai atribut fundamental - dengan cara yang sama mereka dilihat - dan struktur yang mudah dipahami. Its kinerja tinggi telah membuatnya menjadi struktur database yang paling populer ketika datang untuk memungkinkan pengolahan analisis online (OLAP).

 

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN PENGGUNAAN DBMS

Pengunaan DMBS untuk mengelola data mempunyai beberapa keuntungan,

yaitu :

•        Kebebasan data dan akses yang efisien

•        Mereduksi waktu pengembangan aplikasi

•        Integritas dan keamanan data

•        Administrasi keseragaman data

•        Akses bersamaan dan perbaikan dari terjadinya crashes (tabrakan dari proses serentak).

 

Kerugian pengunaan DBMS antara lain :

•        Memperoleh perangkat lunak yang mahal (teknologi DBMS, Operation, Conversion, Planning, Risk). DBMS mainframe masih sangat mahal. DBMS berbasis mikro biayanya mencapai beberapa ratus dolar, dapat menggambarkan suatu organisasi yang kecil secara berarti

•        Memperoleh konfigurasi perangkat keras yang besar. DBMS sering memerlukan kapasitas penyimpanan primer dan sekunder yang lebih besar daripada yang diperlukan oleh program aplikasi lain. Juga, kemudahan yang dibuat oleh DBMS dalam mengambil informasi mendorong lebih banyak terminal pemakai yang disertakan dalam konfigurasi daripada jika sebaliknya.

•        Mempekerjakan dan mempertahankan staf DBA DBMS memerlukan pengetahuan khusus agar dapat memanfaatkan kemampuan secara penuh. Pengetahuan khusus ini paling baik diberikan oleh pengelola database.

Share On :