Ojek Syari Buatan Mahasiswa Surabaya

Siti Fatimah Agustini
3 view / 1990 show
2 years ago
Technology

Selain menjadi solusi transportasi andalan, Ojek  kini menjadi trend setelah tak hanya mampu menerabas kemacetan, transportasi dengan menggunakan ojek naik pangkat karena sekarang berkolaborasi dengan aplikasi digital.

Selain itu juga ternyata jasa layanan transportasi ini menjadi celah khusus untuk para pengguna wanita dalam membuka lapangan pekerjaan. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti maraknya kasus pelecehan terhadap pengguna layanan ojek khususnya pelecehan pada kaum perempuan.

Evilita Adriani, Mahasiswi berusia 19 tahun asal Surabaya berinovasi menciptakan layanan transportasi yang dikhusukan untuk para kaum hawa, ia membuat Ojek Syar'i, dimana Indonesia yang sebagian besar penduduknya beragama Islam, memegang teguh ajaran agama. Seperti para wanita yang tak diperkenankan pergi berdua tanpa yang bukan saudara kandung atau suaminya. 

Ide awalnya bermula pada pertengahan Februari lalu Evilita bekerja freelence kurir dan ojek, lalu ia melihat realitas banyak sekali perempuan yang susah keluar bila tidak ditemani mahromnya. Melihat kondisi seperti itu ia terpikir untuk menciptakan layanan jasa transportasi yang ia beri nama Ojek Syar’i. Elvita berharap Ojek Syar’i bisa menjadi pelopor transportasi yang privat untuk wanita, karena wanita itu perlu perlakuan khusus.

Ojek Syar'i resmi beroperasi pada 10 Maret 2015, Tak hanya khusus untuk wanita yang pengojeknya adalah wanita, Ojek Syar'i ini juga tidak beroperasi layaknya ojek konvensional. Karena pada akhirnya mereka memanfaatkan teknologi dan internet untuk menghubungkanrider dengan penumpang.

Evilita mengaku pemesanan sejauh ini bisa dilakukan melalui media sosial seperti Twitter, kemudian platform bertukar pesan instan, seperti BlackBerry Messenger, WhatsApp, dan Line. Dia menyebut sehari bisa mendapatkan 30 orderan.

Mahasiswi asal Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Surabaya jurusan Hubungan Internasional ini menyebut bahwa untuk aplikasi di ponsel pintar (smartphone) tengah disiapkan dan akan siap dalam waktu dekat dan Ojek Syar'i ini sudah mulai beroperasi di Surabaya, Sidoarjo, Malang dan akan segera launcing di Jakarta. CONAXE - MEDIA

Share On :