Negara Kuba memiliki Sistem Operasi sendiri

CONAXE MEDIA
2 view / 1402 show
2 years ago
Technology

Conaxe - Media. Negara kepulauan yang terletak di Karibia yaitu Kuba, kini secara resmi memiliki sebuah sistem operasi nasional. Para mahasiswa dari University of Computer Sciences mengembangkan sistem operasi berbasis Linux, dan mereka pun secara resmi mendapat sponsor serta dukungan dari Pemerintah Kuba.

Sistem operasi yang mereka kembangkan saat ini telah mencapai versi 4.0. Para mahasiswa membangun sistem operasi ini menggunakan Ubuntu 12.04 LTS dan memakai desktop environtment GNOME 3.4. Mereka memberi nama OS nya dengan nama Nova OS, dan di distribusikan dalam tiga versi, yaitu Escritorio, Ligero, dan Servidor.

Versi yang pertama yaitu Escritorio dikenal sebagai Desktop CD. Versi ini memberikan dekstop environtment berbasis GNOME. Dan yang kedua Ligero, versi ini ditujukan bagi pengguna low end. Yang terkahir yaitu Servidor, Servidor merupkan Nova OS yang dikhususkan bagi server saja.

Para mahasiswa memiliki maksud untuk menggantikan keberadaan Windows di Kuba dengan hadirnya Nova OS. Terlebih Nova OS bisa diperoleh secara gratis dan dianggap mempunyai kedekatan dengan ideologi yang di usung masyarakat Kuba, yaitu di atas semua untuk kemerdekaan dan kedaulatan.

Nova OS juga dilengkapi dengan aplikasi open source lainnya, seperti Libre Office, Mozilla Thunderbird email, news client, dan lainnya. Nova OS juga akan dikembangkan menjadi versi 5.0 untuk kedepannya.

Share On :