Bulan Ramadhan - Alasan disunnahkan berbuka puasa dengan buah kurma dan Khasiat buah kurma

CONAXE MEDIA
2 view / 1961 show
2 years ago
Education

Conaxe media - Kurma dalah salah satu tanaman yang palma dalam jenis genus Phoenix  yang tumbuh di daerah yang beriklim panas. Tanaman kurma ini bernama latin Phoenix Dactylifera. Di bulan suci ramadahan ini buah kurma sangat laku dipasaran, karena ada hadits yang menguatkan disunnahkannya menyegerakan berbuka dengan buah kurma. adapun salah satu haditsnya yaitu 

“biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berbuka puasa dengan ruthab (kurma muda) sebelum shalat (Maghrib). Jika tidak ada ruthab maka dengan tamr (kurma matang), jika tidak ada tamr maka beliau meneguk beberapa teguk air” (HR. Abu Daud 2356, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Daud)

Selain sunnah berbuka dengan buah kurma, ternyata buah kurma ini banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh setelah seharian berpuasa. Khasiat kurma ditinjau dari sudut pandang medis modern yang sekaligus menguatkan khabar al-Qur’an dan Sunnah. Berikut khasiat-khasiat yang terkandung dalam buah kurma diantaranya : 

Pertama, Tamr (kurma kering) berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan. Bahkan Allah memerintahkan kepada Maryam Al-Adzra (perawan) untuk memakannya ketika sedang nifas (setelah melahirkan). Kadar besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma matang sangat mencukupi dan penting sekali dalam proses pembentukan air susu ibu. Kadar zat besi dan kalsium yang dikandung buah kurma dapat menggantikan tenaga ibu yang terkuras saat melahirkan atau menyusui. 

Kedua, memudahkan persalinan dan membantu keselamatan sang ibu dan bayinya. Ruthab (kurma basah) dapat mencegah terjadi pendarahan bagi perempuan karena dalam kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses kelahiran. Hormon oxytocine adalah hormon yang salah satu fungsinya membantu ketika wanita atau pun hewan betina melahirkan dan menyusui.

Allah sendiri memerintahkan Maryam binti Imran untuk memakan buah kurma ketika akan melahirkan, dikarenakan buah kurma menge-nyangkan juga membuat gerakan kontraksi rahim bertambah teratur, sehingga Maryam dengan mudah melahirkan anaknya. 

Al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah membawakan perkataan ‘Amr bin Maimun di dalam tafsirnya: “Tidak ada sesuatu yang lebih baik bagi perempuan nifas kecuali kurma kering dan kurma basah.”

Dokter Muhammad An-Nasimi dalam Ath-Thibb An-Nabawy wal Ilmil Hadits (II/293-294) mengatakan, “Hikmah dari ayat yang mulia ini secara kedokteran adalah, perempuan hamil yang akan melahirkan sangat membutuhkan minuman dan makanan yang kaya akan unsur gula, karena banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan bayi, terlebih lagi apabila hal itu membutuhkan waktu yang lama. 

Ketiga, buah kurma, baik tamr maupun ruthab dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Oleh karena itu, para dokter menganjurkan untuk memberikan beberapa buah kurma di pagi hari kepada anak-anak dan orang yang lanjut usia, agar kondisi kejiwaannya lebih baik. 

Keempat, buah kurma Ajwah dapat digunakan sebagai alat ruqyah dan mencegah dari ganguan jin. Keenam, buah kurma dapat mencegah stroke. Ketujuh, buah kurma kaya dengan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti Kalsium dan Potasium. Buah kurma adalah makanan terbaik untuk menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengkonsumsi protein seperti ikan dan telur.

Kedelapan, buah kurma mengan-dung vitamin A yang baik dimana ia dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan pengli-hatan, pertumbuhan tulang, meta-bolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta mene-nangkan sel-sel saraf.

Itu hanya beberapa khasiat yang terkandung dalam buah kurma, masih banyak khasiat-khasiat lainnya. 

 

Subhanallah, allah menciptakan buah kurma ini dengan berjuta-juta khasiat yang luar biasa bagi tubuh manusia. Buah kurma ini sangat cocok untuk berbuka dan sahur karena kandungan gizinya lengkap dan kaloriya cukup untuk membantu tubuh selama berpuasa.  Selamat beribadah di bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat. 

 

Referensi : http://mediaaula.blogspot.com/2010/09/kenapa-disunnahkan-berbuka-dengan-kurma.html 

Source img : http://cdn.ar.com/images/stories/2013/07/kurma.jpg

Share On :