Alun-alun kota Sumedang - Lingga

Intan Desty Desiyani
1 view / 3260 show
2 years ago
Traveling

Hai hai heooo sahabat CONAXE~ kali ini ana bakalan ngajak sobat buat kenal dengan kotaku nih, Sumedang pastinya...  Kita mulai jalan-jalan dari Pusat kota ya, Let's go....

Di Alun-alun Sumedang terdapat sebuah monument peninggalan sejarah  yaitu Tugu Lingga. Sobat tahu ga apa itu Tugu Lingga ? bagi yang belum tahu aku ceritakan deh, Tugu Lingga adalah sebuah monument yang dibuat pada tahun 1922 oleh Pangeran Siching dari Belanda dan dipersembahkan untuk Pangeran Aria Soeria Atmadja atas jasa-jasanya dalam mengembangkan  Sumedang dibidang keagamaan, sosial, pendidikan, dan banyak lagi pokoknya sob.

Lingga ini dijadikan sebagai lambang daerah Kota sumedang sob, selain karena unik, lingga ini juga mempunyai filosofi yang luar biasa seperti bentuk setengah bola  yang menjadi bagian atas dan bentuk setengah  kubus dibagian tengahnya,  lingga ini berfilosofi bahwa tak ada manusia yang sempurna. Lingga ini mempunyai empat sisi dan kubah diatasnya. Disetiap sisi pada lingga terdapat inskripsi atau ukiran tulisan, pada sisi barat terdapat ukiran tulisan berhuruf cacarakan (huruf jawa), disisi Utara terdapat inskripsi berhuruf latin berbahasa melayu, disisi timur juga terdapat berhuruf cacarakan, dan dibagian selatan terdapat inskripsi berhuruf latin dengan bahasa Sunda. Nah sobat, itu sedikit ulasan tentang Lingga. Jika soba masih penasaran akan sejarah tetang lingga, sobat bisa main ke Museum Prabu Geusan Ulun yang tidak jauh letaknya dari Monument Lingga ini, hanya sekitar 50 meter ke sebelah Selatan.  Nah, disini para sobat bisa mengetahui seluk beluk sejarah kota Sumedang dan mengetahui benda-benda peninggalan kerajaan Sumedang Larang, sobat tahukan cerita tentang kerajaan besar Sumedang ? Nah, itu dia Kerajaan Sumedang Larang, kalau  sobat ingin mengetahui tentang sejarah kerajaan Sumedang larang sobat juga bisa tanya-tanya kepada pemandu yang memandu kita jika berkeliling ke Museum ini. Karena kalau aku ceritakan semuanya disini ga akan cukup 3-4 halaman untuk menceritakannya. Hehe ^^ J kalau sobat ingin mengunjungi museum ini, sobat bisa datang hari apapun kecuali hari jum’at ya .. karena hari jum’at Museum Prabu Geusan Ulun ditutup dan dibuka kembali pada hari sabtu. Untuk jadwalnya, museum ini dibuka mulai pukul 08.00 sampai dengan 14.00 WIB. Tiket untuk masuk kemuseum ini bertarif murah meriah lho sob. Rugi banget kalau berkunjung ke Sumedang tanpa mengunjungi museum ini, karena harga tiketnya yang murah meriah namun ilmu yang didapatkannya tidak murahan dan sobatpun bis mengetahui sejarah tetang Sumedang.Hehe 

Nah, segitu aja dulu postingan kai ini, gimana sobat tertarik untuk berkunjung ke kotaku ini? masih banyak lagi hal menarik lainnya di Kotaku ini. Untuk kelanjutan ceritanya ana posting dipostingan selajutnya yaaaa... See you next post guys~ * Semoga Bermanfaat

Share On :