Haram atau tidak hukum Shalat Jamaah Berdua dengan Wanita yang Bukan Mahram

Siti Fatimah Agustini
4 view / 6096 show
2 years ago
Education

Assalamualaikum...

Hai Akhi/ Ukhti kali ini saya akan share ilmu baru nih. Kalian penasaran? Mari simak denga baik disini smiley

Banyak yang bertanya-tanya tentang “Haram atau tidak hukum Shalat Jamaah Berdua dengan Wanita yang Bukan Mahram”

Maka jawaban dari pertanyaan di atas adalah...


Apabila wanita itu bukan mahramnya maka haram ia berduaan (khalwat) dengannya walaupun dalam rangka shalat. Hal ini perlu kita tekankan, karena mungkin ada anggapan shalat itu ibadah sehingga tidak dipermasalahkan adanya khalwat ketika mengerjakannya. Maka ini jelas anggapan yang salah.

Dalil dalam permasalahan ini adalah hadits Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam yang umum:
لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ إِلاَّ مَعَ ذِيْ مَحْرَمٍ

“Tidak boleh seorang laki-laki bersepi-sepi dengan seorang wanita kecuali bila wanita itu didampingi mahramnya.” (HR. al-Bukhari no. 5233 dan Muslim no. 1341)


Ulama kita pun telah menyatakan keharaman akan hal ini. Berbeda halnya bila wanita tersebut adalah mahram atau istrinya, maka dibolehkan baginya shalat berdua dengan si wanita. (al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab, 4/277)
Ibnu Qudamah rahimahullaah berkata, “Tidak mengapa seorang pria mengimami wanita-wanita yang merupakan mahramnya,sebagaimana bolehnya ia mengimami para wanita bersama jamaah pria. Karena (di zaman nubuwwah) para wanita biasa shalat bersama Nabi shallallahu 'alayhi wa sallam di masjid. Nabi shallallahu 'alayhi wa sallam sendiri pernah mengimami istri-istrinya dan pernah pula mengimami Anas bin Malik bersama ibunya di rumah mereka.” (al-Mughni, 2/200)
Wallahu ta’ala a’lam bish-shawab.

Source :  asysyariah.com

 

 

 

 

Share On :