Cara menghafal dengan cepat

Novela Putri Dhanty Kusmawan
1 view / 2008 show
2 years ago
General

siang temen-temen semua, di postingan pertama ini aku bakal ngasih tips atau lebih tepatnya cara menghafal dengan cepat dan mudah. Biasanya sih para pelajar yang super duper sibuk entah sibuk sama apa ya..?? :D kalo besoknya mau Ujian atau ulangan harian biasanya para pelajar suka SKS (Sistem Kebut Semalam) dan biasanya kaga nempel tuh materi yang ada ngantuk, dan dapet nilai jelek, biar gak kaya gitu nih aku kasih tips nya ..

1. Baca keseluruhan materi

Baca keseluruhan materi berulang-ulang biasanya 3 x udah cukup. bukan hanya baca tapi pahami juga isinya.biasanya kita males tuh baca materi yang akan di ujikan apalagi materinya banyak, kalo bisa sih baca tiap hari, biar gak dibrudulin(bahasa kerennya) semalam.

2. ambil kata kuncinya

kalo materinya tentang penjelasan/pengertian coba pahami isinya lalu ganti atau ubah pake bahasa kita sendiri tapi tetep harus arahnya sama atau isinya sama. kalo tentang materi yang berpoint-point atau beranak coba hafal dengan cara pake logika, sambung-sambungkan point 1 dengan point selanjutnya.
3. penggambaran atau pembayangan
cara menghafal dengan teknik penggambaran ada namanya mnemonic. Mnemonic yaitu  teknik cara menghafal yang bersifat abstrak. Jadi teknik menghafal yang satu ini dengan mengubah sebuah kata yang abstrak menjadi benda nyata yang dapat kita bayangkan.
sebagai contoh :
menghafal Negara Singapura bayangkan/ gambarkan hewan Singa.
4. music
kenapa music termasuk ke dalam cara menghafal karena dengan mendengarkan musik fikiran kita tenang dan biasanya kalo materi yang dihafalkan itu sambil dinyanyiin gampang hafal (pengalaman aku sih)

so, cuma itu aja yang baru bisa di share semoga bermanfaat yaa..
kalo boleh saran sih, kalo ada materi baru itu langsung dibaca biar pas mau ulangan/ujian gak ribet harus menghafal banyak . :D

 

Tags : #
Share On :




Related