Apa Itu Tipografi?

Muhammad Fajri Alghiffari
4 view / 2319 show
2 years ago
Education

Siaanng kawaan,, gue sekarang nulis buat berbagi sedikit ilmu, sebenernya ada alasannya gue nulis dengan judu itu, yeeaahh alesannya buat salah satu materi di kegiatan mahasiswa di kampus gue yang bergerak di bidang Fotography. Dan kali ini gue mau bahas tentang pemilihan jenis huruf, yang biasa disebut dengan ilmu Tipografi.

Oke,, gue langsung aja bahas yee...
Dalam bahasa Inggris, Tipografi adalah perpaduan antara seni dan teknik mengatur tulisan, laahh maksudnya gimana? Maksudnya gini, jadi perpaduan itu biar arti dari tulisan dapat tersampaikan dengan baik secara visual terhadap yang liat atau juga yang bacanya.  Eiitttss,,, tunggu dulu, pengolahan tipografi tidak hanya di pemilihan huruf, ukuran, dekorasi, kesesuaian dengan tema, tapi juga meliputi tata letak (bukan JILAT yaa) vertikal atau horizontal tulisan pada sebuah desain. 
Biasanya,, ilmu tipogragi di terapkan di banyak bidang, por iksempel,, desain web, desain grafis,, majalah, de el el.

Sebelum berlanjut ke Sejarah, gue mau tanya dulu deh sama loe, loe pernah gak nulis judul di Ms. Word terus loe suka ganti-ganti jenis huruf yang loe rasa iu cocok? Nahh itu aja udah bisa disebut loe bisa tipografi, walaupun belum sepenuhnya mungkin, bat (sabar), loe pasti bisa... Trust Me It's Work, hehe...

Oke, lanjut ke Sejarah, sejarahnya tiporafi dimulai saat pengguaan pictoraph. Kalo gak salah bentuk bahasanya digunakan oleh bangsa Viking Norwegia, bukan Viking Maung Bandung yee, dan Indian Sioux. Lalu di Mesir berkembang jenis huruf Hieratia, yang katanya terkenal dengan nama Hierogrif pada sekitar abad 1300 SM, loe udah lahir belom?? Hahaha...

Puncaknya,, tifograpfi mengalami perkembangan pada abad 8 SM di Roma saat orang Romawi mulai membentuk kekuasaannya, perang gituuhh laahh.. Saat itu Romawi belon punya sistem tulisan sendiri, mereka mempelajari sistem tulisan Etruska yang merupakan penduduk asli Italia, duuhh jadi inget waktu kecil gue di kecilin disana, dan di besarin di SUMEDANG Kota Tahu Yang Gurih Renyah tur Tumaninah, eehh..., sorry belok dikit.., biar loe gak pada serius laahh...

Saat ini tipografi mengalami erkembangan yang cukuup moodeeerrrnn, dimana doeleoe kan penciptaannya cuma lewat tangan, tai sekarang udah lewat kompuerisasi gaiisss.., loe juga sebenernya gak usah gue kasih tau juga gue yakin loe udah pada tau.

Ohh yee,, disini gue cuma bahas sekilas doang tentang tipografi, dan yang terakhir gue mau bahas yaitu jenis tipografi, naahh di antarnya ini niihh :
1. Roman
Ciri dari huruf ini adalah memiliki sirip/kaki/serif yang berbentuk lancip pada ujungnya. Huruf Roman memiliki ketebalan dan ketipisan yang kontras pada garis-garis hurufnya. Kesan yang ditimbulkan adalah klasik, anggun, lemah gemulai dan feminin.
2. Egyptian
Adalah jenis huruf yang memiliki ciri kaki/sirip/serif yang berbentuk persegi seperti papan dengan ketebalan yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulakn adalah kokh, kuat, kekar dan stabil.
3. Sans Serif 
Pengertian San Serif adalah tanpa sirip/serif, jadi huruf jenis ini tidak memiliki sirip pada ujung hurufnya dan memiliki ketebalan huruf yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulkan oleh huruf jenis ini adalah modern, kontemporer sama.
4. Script
Huruf Script menyerupai goresan tangan yang dikerjakan dengan pena, kuas atau pensil tajam dan biasanya miring ke kanan. Kesan yang ditimbulkannya adalah sifast pribadi dan akrab.
5. Miscellaneous
Huruf jenis ini merupakan pengembangan dari bentuk-bentuk yang sudah ada. Ditambah hiasan dan ornamen, atau garis-garis dekoratif. Kesan yang dimiliki adalah dekoratif dan ornamental.

Sebenernya masih ada lagi, tapi biar loe pada mikir buat cari yang lainnya, semoga apa yang gue tulis sekarang ada manfaatnya.. Sampe jumpa di artikel gue selanjutnya gaiiss smileyConaxe - Media

Share On :