Alasan Indonesia belum bisa menjadi Negara maju

Siti Fatimah Agustini
4 view / 8423 show
2 years ago
Education

Alasan Indonesia belum bisa menjadi Negara maju

 

Seperti yang kita ketahui, dewasa ini Indonesia masih menjadi negara berkembang, negara Indonesia belum bisa menjadi negara-negara maju seperti negara di Eropa, amerika maupun asia timur. Negara Indonesia jauh tertinggal dengan negara-negara tersebut dalam bidang pendidikan, pemerintahan, pertanian dan pangan, teknologi, budaya, industri dan masih banyak lagi termasuk sumber daya manusiannya sendiri masih kurang. Indonesia mengalami ketertinggalan disebabkan karena  Indonesia masih terlalu bergantung pada negara lain. Misalnya dalam sektor pertanian, negara Indonesia masih mengimpor bahan pangan dari negara tetangga dikarenakan hasil pertanian di Indonesia masih belum bisa memenuhi kuota kebutuhan pangan dalam negeri. Sebenarnya apa sih yang menjadikan hasil tanaman impor lebih baik dibandingkan dengan hasil tanaman lokal? Jawabannya adalah teknologi dan ilmu.  Itu dikarenakan dalam bercocok tanam luar negeri didasari dengan penelitian (research) agar tanaman yang dihasilkan lebih unggul dalam segi kualitas, ukuran maupun rasa yang dihasilkan. Di luar negeri juga sering mengadakan penelitian untuk menciptakan hasil penemuan yang hasilnya bakal diberi hak paten jika sudah memenuhi kualifikasi. Beda halnya di negara Indonesia, memang negara Indonesia terkenal dengan negara agraris tetapi masih jarang adanya research yang dilakukan karena katanya itu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Kemudian teknologi yang dipakai juga sebagian besar masih belum bisa mendukung berkembannya pertanian di Indonesia.

Sedangkan dalam bidang pendidikan Indonesia masih tertinggal juga dikarenakan rata-rata pendidikan masyarakat Indonesia yang masih minim jika dibandingkan dengan kelayakan karena masyarakat beranggapan bahwa sekolah itu hanya menghabiskan uang dan belum tentu mendapatkan pekerjaan. Sebenarnya anggapan tersebut tidak salah juga, kita lihat saja angka pengangguran di Indonesia yang masih banyak. Alasan kedua yaitu kurangnya pendidikan karakter atau moral pada anak didik. Kita lihat saja maraknya kasus korupsi di Indonesia, itu disebabkan karena bobroknya moral-moral anak negeri. Dengan pendidikan moral yang diberikan pada usia dini sebenarnya dapat mengurangi praktek korupsi ketika anak tersebut telah dewasa. Pendidikan moral dan pendidikan formal harus seimbang agar generasi Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi.

Dari segi teknologi Indonesia juga tertinggal jauh dengan negara luar. Sebenarnya ada orang-orang Indonesia yang ahli di bidang tersebut, tetapi tidak dipelihara oleh negara dan akhirnya malah dipelihara oleh negara lain sehingga bekerja di negara tersebut. Itu disebabkan karena kurangnya penghargaan dari pemerintah Indonesia sehingga orang-orang berprestasi tersebut lebih mencari negara yang mau menghargai karya atau keahlian mereka.

Dan yang terakhir adalah masalah budaya, sebenarnya kalo masalah budaya Indonesia tidak tertinggal, malahan Indonesia kaya akan budaya karena Indonesia merupakan negara multikultural. Dengan budaya tersebut bisa menjadikan Indonesia lebih dikenal oleh negara luar karena ciri khasnya. Tapi sayangnya masyarakat Indonesia banyak yang telah melupakan budaya daerahnya sendiri karena telah terpengaruh oleh budaya luar yang lebih modern yang masuk ke Indonesia. Seharusnya kita sebagai masyarakat Indonesia harus lebih mencintai budaya asli Indonesia bukannya ikut terpengaruh oleh budaya luar yang negatif, contohnya yaitu dari etika berpakaian, berbicara dan trend-trend dari budaya barat sekarang banyak ditiru oleh masyarakat Indonesia. kita sebagai generasi penerus harus menjaga budaya indonesia salah satunya dengan cara menonjolkan budaya kita sendiri yang telah ada, bukannya meniru dan membanggakan budaya dari luar.

Sekian ulasan tentang alasan mengapa negara indonesia belum bisa menjadi negara maju, masih banyak lagi hal-hal yang harus dibenahi pada negeri ini dan itu merupakan tugas kita sebagai generasi bangsa. Mau dibawa kemana bangsa ini? Jawabannya ada pada generasi mudannya. Terima kasih telah membaca tulisan saya laugh semoga bermanfaat.blush

 

Share On :