Teknologi Dibalik Facebook

Muhammad Fajri Alghiffari
6 view / 1395 show
2 years ago
Technology

Selamaatt Soooorreee gaiiisss,,, masih stay tune on CONAXE?? laugh

Kali ini gue mau bahas tentang PESBUK, yeeaahh Facebook yang sering loe pake buat apdet status, curhat ini itu, de el el. Tapi sebenarnya kalian tau gak siihh teknologi yang dipake, smape pesbuk bisa beroprasi kaya gitu? Oke,, kalo loe belom tau, gue kasih tau sekarang, detik ini juga... Oke,,, let's begin!!!

Bagi loe yang orang IT, pesbuk hanyalah sebuah SITUS LAMP, jangan ditambah akhiran "U" karna nanti jadi terang. Tapi apa itu LAMP, yeeahh LAMP adalah Linux-Apache-Mysql-PHP, tapi setelah memperluas operasinya, pesbuk banyak masukin unsur-unsur baru dan memodifnya. Por iksampel:

  • Facebok menggunakan PHP, tetapi mereka membangun compiler sendiri sehingga kode PHP di konvert menjadi kode native (C++) pada server, sehingga meningkatkan kinerja.
  • Facebook menggunakan Linux, tetapi telah dioptimalkan untuk keperluan mereka sendiri.
  • Facebook menggunakan MySQL, mengoptimalkan database design, moving join, memchahce adalah bebrapa hal untuk mengoptimalkan database facebook

Naahh sekarang kita BEEDAAAHHH teknologi pembantu yang dipake si pesbuk itu;

1. Memchaced, ini udah jadi bagian penting dalam dunia internet tauu!!! Karna ini adalah sistem caching memori yang terdistribusi yan digunakan pesbuk sebagai sistem caching antara web server dan database. Daaannn,, pesbuk udah punta ratusan Memcached dengan jumlah data yang telah di cache sebesar 10 Tb pada waktu satu waktu, loe ngerti kan maksud kata itu??

2. Hip Hop For PHP

You knowlah,, PHP adalah scripting language, relatif lebih lambat jika dibanding dengan native language seperti C++. Hiphop mengubah kode PHP ke C++ yang kemudian dikompilasi untuk meningkatkan performa. Yeeaahhh jadi intinya di rubah gituh....

Daan di pesbuk ada sebuah tim kecil yang menghabiskan waktu 18 bulan HANYA untuk mengembangkan Hiphop yang mereka klaim mampu mereduksi pemakaian CPU HINGGA 50 PERSEEENN.

Untuk teknologi lainnya bersambung ke artikel selanjutnya cheeky

Share On :