Tessy si manis pencegah plagiat

Anwar Maulana
1 view / 2326 show
2 years ago
Technology

Siapa sih yang tak mengenal istilah plagiat ?? pastinya bapa/i dan saudara/i semua sudah mengenal dengan istilah plagiat apalagi bagi anda semua yang berkecimpung di dunia pendidikan. Plagiat bisa dikatakan sebagai suatu tindakan kriminal yang memiliki jeratan hukum sama dengan kejahatan-kejahatan lainnya.

Di era sekarang plagiat bukan hal yang tabu lagi sebetulnya, karena dimudahkanya sumber informasi seperti halnya internet. Orang-orang mundah mendapatkan informasi dan mudah juga merubah informasi yang mereka dapatkan. Plagiat merupakan bentuk pembodohan dan sikap malas seseorang yang hanya bisa mengakui karya orang lain sebagai karyanya sendiri.

Namun sekarang anda yang sering plagiat harus waspada karena ada Tessy yang siap menangkap anda dan membuktikan apakah anda plagiator atau bukan. Sebetulnya ada tau gak siapa itu Tessy?? Tessy yang saya maksud disini  kepanjangan dari Test of Literatures Similarity merupakan perangkat lunak yang mampu mendeteksi kegiatan plagiarism.

Tessy ini di ciptakan oleh Blue Campus Team Gajah Mada atas dasar kehawatiran mereka mengenai maraknya plagiat di era sekarang teruama di bidang akademis. Sistem kerja perangkat lunak ini bisa dibilang relatif mudah dan hanya membutuhkan waktu singkat untuk mengetahui apakah artikel yang anda miliki itu asli buatan anda atau plagiat.

Bedasarkan informasi yang saya peroleh dari website merdeka.com yang membahas mengenai aplikasi tersebut, Cara kerjanya yaitu dengan membandingkan pola deretan huruf, frase, kalimat. Tessy menghitung kemiripan dua buah atau lebih manuskrip ke dalam bentuk persentase.

Nah, sekarang masih beranikah anda untuk melakukan plagiat?? lebih baik pikir - pikir dulu sebelum melakukan plagiat karena hukumannya sama berat seperti melakukan kejahatan lainnya.

Sumeber Gambar : Google.com

Share On :