Pemograman Dasar

Ai Yoan Agustina
2 view / 1592 show
3 years ago
General

  • Algoritma adalah suatu langkah - langkah untuk menyelesaikan masalah.
  • Pemrograman komputer adalah sekumpulan intruksi - intruksi.
  • Komputer adalah serangkaian atau sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat bekerja sama, serta membentuk sitem kerja yang rapi dan teliti.
  • Flowchart adalah bagian - bagian yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah - langkah penyelesaian suatu masalah.
  • Variabel adalah segala sesuatu yang hendak dijadikan sebagai objek pengamatan / penelitian
  • Operator adalah SDM yang tugasnya mengoprasikan, menghidupkan, hardware,menjalankan software, berinteraksi dengan hardware dan software yang sedang beroperasi, dan menyudahi operasi.
  • Percabangan adalah suatu keadaan dimana pernyataan dapat di eksekusi apabila suatu kondisi memenuhi syarat, untuk mengerjakan pernyataan tersebut.
  • Perulangan {looging} adalah suatu proses di dalam pemograman yang dapat mengeksekusi beberapa statement yang sama dengan berulang - lulang sampai berhenti pada kondisi tertentu.
  • Tipe data adalah jenis data yang dapat diolah komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemograman komputer.

Ada beberapa bentuk - bentuk tipe data bahasa c#

- Byte adalah bilangan bulat tak bertanda <unsigned integer> yang berukuran 8 bit. Ekuivalen dengan tipe data system.Byte dalam Ms.NET Framework.

- Sbyte adalah bilangan bulat bertanda <signed integer> yang berukuran 8 bit. Ekuivalen dengan tipe data system.sbyte dalam Ms.NET Framework.

- Short adalah bilangan bulat bertanda yang berukuran 16 bit. Ekuivalen dengan tipe data system.INT 16 dalam Ms.NET Framework.

- Ushort adalah bilangan bulat tak bertanda yang berukuran 16 bit. Ekuivalen dengan tipe data system.UINT 16 dalam Ms.NET Framework.

- Int adalah bilangan bulat bertanda yang berukuran 32 bit. Ekuivalen dengan tipe data system.Int 32 dalam Ms.NET Framework.

- Uint adalah bilangan bulat tak bertanda yang berukuran 32 bit. Ekuivalen dengan tipe data system.Uint 32 dalam Ms.NET Framework.

- Long adalah bilangan bulat bertanda yang berukuran 64 bit. Ekuivalen dengan tipe data system.Int 64 dalam Ms.NET Framework.

- Ulong adalah bilangan bulat tak bertanda yang berukuran 64 bit. Ekuivalen dengan tipe data system.Uint 64 dalam Ms.NET Framework.

  • Praktek menghitung dengan cepat menggunakan Visual Studio.

Contohnya menghitung luas segitiga menggunakan Visual Studio

{

    Int alas;

    Int tinggi;

    Double luas;

 

    alas = 15;

    tinggi = 13;

    luas = 0,5*(alas * tinggi);

    Console.writeline (" luas segitiga adalah " + luas);

    Console.Readline ( );

}

Catatan:

- int itu adalah bilangan bulat yang tidak ada kata nol nya contohnya 0,5 tidak ada seperti ini       yang ada misalnya 12.

- Double adalah bilangan desimal yang contohnya 0,5 atau 23,4.

- Console.Writeline adalah untuk menulis inputan dari user

- Console.Readline adalah untuk membaca inputan dari user

  • Pencabangan adalah salah satu permasalahan yang pasti ditemui dalam perbuatan program. percabangan yang di maksud adalah suatu pemilihan statemen yang akan dieksekusi dimana pemilihan tersebut didasari oleh kondisi.

 

Tags : #tugas #x2
Share On :